PCNU Sampang Sukses Gelar MQK, Ini Pemenangnya

MQK HSN 2022 Sampang
Koordinator sekaligus Ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) NU Sampang, Ust. Rahmatullah menyerahkan hadiah uang pembinaan kepada juara 1 Musabaqah Qira'atil Kutub (MQK) Festival HSN 2022, Kamis (20/10/2022). (Foto: Agus Wedi/MI)

maduraindepth.com – Lomba baca kitab atau Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) dalam rangka menyambut hari santri nasional (HSN) 2022 berlangsung sukses. Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Adat Kalimantan, tepatnya di Pondok Pesantren Assirojiyyah Kajuk, Sampang, Kamis (20/10).

Acara yang diikuti 26 peserta dari sejumlah pesantren ini dihadiri oleh Kiai Ihsan Bushiri, salah satu pimpinan PP. Assirojiyyah Kajuk. Turut hadir, Sekdakab Yuliadi Setiawan, Kabag Kesra M. Tolhah dan Sekretaris PCNU Sampang Mahrus Zamroni beserta pengurus lembaga dan Banom.

Dalam sambutannya, Sekretaris PCNU Sampang Mahrus Zamroni mengatakan, MQK merupakan rangkaian kegiatan festival hari santri Sampang 2022. Kegiatan itu, kata dia, bermaksud untuk menyambut dan memeriahkan hari santri nasional (HSN) 22 Oktober 2022.

Menurutnya, MQK bukan persoalan menang kalah. Tetapi, lebih dari itu. Yaitu, untuk menjaga dan melestarikan budaya Islam Nusantara, yakni kitab kuning.

“Keikutsertaan para santri dalam MQK ini sama halnya dengan berpartisipasi menjaga peradaban Islam, yaitu melestarikan tradisi membaca kitab kuning,” ucapnya.

Sementara, Sekda Yuliadi Setiawan menyampaikan, kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran santri dan NU. Menurut dia, NU merupakan aset bangsa dan punya andil besar dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Sehingga di HSN ini kami instruksikan kepada seluruh ASN untuk memakai sarung. Harapnya, agar punya karakter seperti santri, yakni tawadhu,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator MQK, Ust. Rahmatullah mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan lomba baca kitab.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dan partisipasi PCNU Sampang dan pengurus PP. Assirojiyyah Kajuk, acara ini berjalan sukses dan lancar,” singkatnya.

Berikut nama-nama pemenang MQK Festival HSN 2022 se-Kabupaten Sampang:

Juara 1 : Maulana Rahmat, PP. Al-Ihsan, Jrangoan
Juara 2 : Khoiruman, PP. Al-Mubarok, Lanbulan
Juara 3 : Abu Yazid Al- Bustomi, PP. An-Nur Assirojiyyah, Tanggumong.

(AW/MH)

banner 728x728

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

banner 728x90
WhatsApp Kirim Info