Nyaris 2 Tahun Tanpa Kepastian, 422 CJH Asal Sampang Terancam Batal Berangkat

CJH Sampang
Sejumlah Jamaah Haji asal Sampang saat menjalankan ibadah Haji di Tanah Suci sebelum wabah Covid-19 melanda. (Foto: Dokumen/MI)

maduraindepth.com – Sebanyak 422 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Sampang terancam batal berangkat ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah. Hal itu disebabkan pemerintah Arab Saudi melarang kedatangan CJH dari 20 Negara termasuk Indonesia akibat pandemi covid-19 terhitung mulai 3 Februari 2021 .

Kasi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang Fathorrahman mengatakan, pihaknya masih belum memastikan jumlah CJH 2021 yang akan berangkat ke Arab Saudi. Sebab sampai saat ini masih menunggu keputusan dari Menteri Agama Republik Indonesia (RI).


“Untuk saat ini kami masih belum memberikan keterangan secara pasti,” ucapnya, Kamis (3/2).

Dia menyebut, pada tahun 2021 pemerintah pusat tidak lagi membuka kuota pemberangkatan. Sebab masih menyelesaikan pemberangkatan CJH yang tertunda pada tahun 2020.

“Kami masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi melalui Menteri Agama RI. Sedangkan pemberangkatan CJH 2021 masih diambil dari cadangan CJH 2020 yang ditunda pemberangkatannya tahun lalu,” kata Fathorrahman.

Dia berharap segera ada keputusan resmi dari pemerintah Arab Saudi. “Karena masih pandemi Covid-19, kami berharap secepatnya ada keputusan resmi dari Menteri Agama RI. Supaya kami dan masyarakat mengetahuinya,” pungkas Fathorrahman. (ALIM/BAD)