732 CJH Sumenep Resmi Diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah

cjh sumenep diberangkatkan ke tanah suci makkah
Wabup Sumenep Dewi Khalifah melepas pemberangkatan CJH di depan Labang Mesem, Jumat (7/6). (Foto: Arif/MID)

maduraindepth.com – Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) Sumenep resmi diberangkatkan, Jumat (7/6). Acara pemberangkatan tersebut, berlangsung di depan Labang Mesem Keraton Sumenep, pukul 01.00 dini hari.

Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Dewi Khalifah mengungkapkan, jumlah CJH yang diberangkatkan sebanyak 732 orang. Terdiri atas kloter 96 sebanyak 366 jemaah dan kloter 97 juga sebanyak 366 jemaah.

Nyai Eva -sapaan akrab Dewi Khalifah-, berharap semua jemaah diberi kemudahan, kelancaran dan kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji. Sebab, kata dia, saat ini suhu panas di Kota Makkah cukup tinggi. Bahkan, mencapai 49-50 derajat celsius.

“Semua jemaah harus saling membantu. Terutama, jemaah yang sudah sepuh harus terus didampingi,” pesannya.

Sebagai upaya menjaga stamina agar kondisi tubuh tetap stabil, Nyai Eva mengingatkan bagi semua jemaah untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Seperti buah dan sayuran. “Minum air yang cukup. Supaya tidak dehidrasi,” sarannya.

Sehubungan dengan pelaksanaan haji tahun ini, Nyai Eva menekankan, agar semua jemaah lebih fokus melaksanaan ibadah rukun. Sedangkan, aktivitas yang dianggap kurang penting, diimbau untuk dihindari.

“Jangan mengutamakan berbelanja. Tujuan utamanya adalah menunaikan ibadah haji,” ungkapnya

Kepada semua masyarakat Kota Keris, dia meminta agar saling mendoakan jemaah yang berangkat ke Tanah Suci. Terlebih, bagi kerabat jemaah masing-masing.

Baca juga:  Pekan Seni Madura VIII Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Wabup Sumenep Beri Apresiasi

“Semoga diberikan keselamatan dan menjadi haji yang mabrur,” pungkasnya. (bus/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *