Memaknai Hari Pahlawan, Cak Qorib: Pahlawan Hari Ini Beda dengan Tempo Dulu

Fathul Qoribullah Cak Qorib
Anggota DPRD Sampang Fathul Qoribullah. (FOTO: DOK. MI)

maduraindepth.com – Tempo dulu pahlawan memberikan gambaran bahwa perang adalah cara yang tepat dalam memperjuangkan kemerdekaan. Karena pada masa itu para pejuang harus melawan penjajah dengan persenjataan yang lengkap.

Hal itu diungkapkan oleh anggota DPRD Kabupaten Sampang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fathul Qoribullah saat ditanya tentang arti hari pahlawan oleh wartawan maduraindepth.com, Senin (9/11).


Menurut pria yang karib disapa Cak Qorib ini, pahlawan memberikan arti kata atau makna yang berbeda dari tempo dulu. Maknanya adalah sebuah panutan yang bisa memberikan perubahan serta memberikan kontribusi positif dalam berbagai bidang. Misalnya dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, politik serta dalam bidang pariwisata.

Di era digital ini banyak figur yang muncul dengan karya, ide-ide dan konstribusi positif. Baik di lingkungannya sendiri bahkan di kalangan masyarakat luas.

Jebolan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) ini memberi tamsil dalam bidang pendidikan. Menjadi seorang guru tidaklah mudah, karena harus memberikan pembelajaran dan contoh suri tauladan akhlak yang mulia kepada para murid.

Tempo dulu, kata Qorib, murid sangat antusias dalam belajar di bangku sekolah, walaupun dengan fasilitas yang serba terbatas. “Hari ini dengan fasilitas yang memadai harusnya lebih bersemangat,” ujarnya.

Di era digital ini pula, sambungnya, seperti ada pergeseran pandangan dari para murid. Jika dulu murid SD ditanya cita-cita, jawaban mereka pasti menjadi seorang guru, dokter dan seterusnya. “Tapi generasi milenial hari ini akan menjawab ingin menjdi gamer atau bahkan YouTuber,” jelasnya.

Baca juga:  Serap Aspirasi Masyarakat, Fathul Qoribullah Akan Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur

Lebih lanjut, ungkap Cak Qorib, peran guru hari ini harus bisa memberikan pembelajaran tentang arti kata “pahlawan” dari perspektif yang berbeda dan berusaha menanamkan karakter Pejuang.
“Tujuannya agar mereka tahu bahwa kemerdekaan Indonesia bukan didapat dengan cara yang santai. Tapi dengan kegigihan dan penuh semangat suka cita,” kata dia, panjang lebar.

Di akhir penjelasannya, Cak Qorib mengucapkan selamat Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November 2020. “Jangan lupa berjuang,” tutupnya mengakhiri perbincangan dengan maduraindepth.com. (AW/MH)