Jelang Ramadan 1442 Hijriyah, Harga Sembako di Sampang Terpantau Aman

26

maduraindepth.com – Menjelang bulan suci Ramadan 2021 atau 1442 Hijriyah, harga sebagian barang-barang kebutuhan pokok di Sampang tergolong aman dan stabil. Meski demikian, berdasarkan hasil pantauan maduraindepth.com di Pasar Srimangunan Sampang, Selasa (6/4), terdapat beberapa harga sembako yang mengalami kenaikan.

“Beberapa barang sudah naik harganya, seperti cabe merah besar kering, tepung terigu, minyak goreng, gula pasir dan bawang soladri,” ungkap Maryam, 35, salah satu pedagang.


Warga asal Kecamatan Omben Sampang itu menyebutkan, beberapa harga komoditas juga ada yang mengalami penurunan.

“Cabe besar kering naik jadi Rp 80 ribu perkilogram, sebelumnya hanya Rp 70 ribu perkilogram. Tepung terigu Rp 9 ribu perkilogram. Gula pasir naik jadi Rp 13 ribu perkilogram. Sebelumnya cuma Rp 12 ribu,” paparnya.

Sementara itu, menurut dia untuk harga beras, bawang merah, bawang putih dan tomat tidak mengalami kenaikan.

‚ÄúSebagian besar harga sembako masih stabil ada juga yang menurun, seperti cabe rawit yang bulan kemarin sampai tembus Rp 130 ribu perkilogramnya, saat ini turun jadi Rp 70 ribu perkilogram, ” jelas Maryam.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Informasi Perdagangan, Penyaluran Barang dan Jasa Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Sampang Abdussukur memaparkan, sejumlah harga sembako di Pasar Srimangunan Sampang masih terpantau aman hingga Ramadan tiba.

Baca juga:  Bangkalan Persiapkan Diri Hadapi Cuaca Ekstrem

“Alhamdullilah setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim pencacah di Pasar Srimangunan Sampang, beberapa harga sembako masih stabil bahkan ada yang turun harga,” ungkap Sukur.

Diterangkan, dari beberapa harga sembako yang masih stabil, hanya harga cabe rawit yang masih tergolong tinggi. Yakni sebesar Rp 65 ribu perkilogram.

“Selang beberapa hari saja harga cabe rawit naik Rp 5 ribu, sebelumnya hanya Rp 60 ribu perkilogram. Setelah didata lagi pada April jadi naik Rp 65 ribu perkilogram. Sebagian pedagang melaporkan kenaikan itu karena faktor keterlambatan distributor saat mengirim ke pedagang sehingga stok habis,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya menjamin sebagian besar harga sembako akan aman. Sebab stok bahan masih cukup sampai bulan Ramadan tiba.

“Stok sembako di pasar Srimangunan Sampang masih aman, semoga ini sampai Ramadan. Pedagang sendiri harus selalu terbuka agar kami bisa antisipasi dan mengetahui kekurangan dan perubahan yang ada,” pungkasnya. (Alim/BAD)