Hujan Bulan Juli, Ini Penjelasan BMKG Sumenep

0
105
BMKG Sumenep (Foto: Istimewa/MI)

maduraindepth.com –  Awal bulan Juli 2019 ini, hujan mulai mengguyur Kabupaten Sumenep dan sekitarnya.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalianget Sumenep, Usman, membenarkan bahwa saat ini wilayah Sumenep dan sekitarnya telah turun hujan.

“Untuk hari ini, terpantau di radar wilayah Sumenep memang hujan, tapi di daerah lain itu tidak,” kata Usman setelah dihubungi melalui sambungan selulernya, Sabtu (6/7/2019).

Dijelaskannya, sesuai pantauan satelit Citra Himawari, hingga saat ini permukaan laut telah siap menyuplai pembentukan awan.

“Karena memang pantauan dari citra satelit Himawari di laut Jawa masih cukup basah. Kemudian di selat Madura sendiri saat ini dalam analisa Surat Setoran Pajak (SSP) atau permukaan laut masih cukup hangat 26°celcius sampai 29°celcius untuk mensuplai pembentukan awan sendiri,” terangnya.

Hampir seluruh Jawa Timur, kata Usman, musim kemarau telah terjadi. Namun potensi hujan tetap akan ada meski hanya sebagian.

“Untuk perubahan musim hampir seluruh pulau Jawa Timur telah memasuki musim kemarau. Adapun untuk wilayah Sumenep sendiri di awal Mei-Juni sudah memasuki musim kemarau,”

Sekedar diketahui, musim kemarau saat ini bukan berarti tidak akan turun hujan, namun dimungkinkan masih akan ada hujan, meskipun dalam skala kecil. (MR)