Gelar Imtihan di Tengah Pandemi Corona, Bupati Sampang: Jangan Main-main Lagi!

Imtihan di tengah pandemi corona
Situasi pelaksanaan Haflatul Imtihan di salah satu pondok pesantren di Kecamatan Robatal pada Ahad (12/4) malam. (Foto: tangkapan layar video pelaksanaan haflah)

maduraindepth.com – Pada tanggal 26 Maret 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang membuat kesepakatan dengan ulama, kyai dan pimpinan pondok pesantren (Ponpes) se-Kabupaten Sampang. Kesepakatan itu dibuat untuk menyamakan persepsi dalam pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Sampang.

Dalam rapat koordinasi dengan para ulama itu menghasilkan empat poin kesepakatan. Berikut empat poin tersebut :


  1. Siap menunda kegiatan imtihanan dan kegiatan keagamaan lainnya sampai ada pemberitahuan lebih lanjut,
  2. Siap mendukung program pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19 di Kabupaten Sampang,
  3. Siap membantu memberikan sosialisasi atau pemahaman kepada masyarakat pencegahan Covid-19, dan
  4. Siap mengurangi atau membatasi pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Namun, kesepakatan tersebut tidak diindahkan oleh sebagian Lembaga Pendidikan Islam (LPI) di Kabupaten Sampang. Terbukti, pada Ahad (12/4) malam, salah satu pondok pesantren di Kecamatan Robatal menggelar kegiatan haflatul imtihan.

Pelaksanaan haflatul imtihan itu mencederai atau menyalahi kesepakatan umara dan ulama di Sampang dengan menggelar kegiatan yang memicu berkumpulnya banyak orang. Mirisnya, kegiatan malah digelar di tengah pandemi Covid-19.

Sejumlah Tokoh Sesalkan Imtihan Digelar di Tengah Pandemi Corona

Ketua PC GP Ansor Sampang, KH. Khoiron Zaini sangat menyayangkan pelaksanaan haflatul imtihan tersebut. Kata Gus Khoiron, melaksanakan kegiatan yang memicu berkumpulnya banyak orang tersebut jelas melanggar aturan.

Baca juga:  Dishub Sampang Sudah Perbaiki Traffic Light

“(Kesepakatan) ini bukan untuk satu atau dua orang, tapi untuk semua orang. Semua tokoh, semua lembaga, ayo kita saling bahu membahu bersama-sama agar supaya Sampang tetap dalam zona hijau, aman dari virus corona,” u