DD di Sumenep 2021 Rp 337 Miliar, 30 Desa Belum Lakukan Pencairan

64
Dana Desa (DD) Sumenep
Ilustrasi

maduraindepth.com – Total Dana Desa (DD) di Kabupaten Sumenep tahun anggaran 2021 mencapai Rp 337,7 miliar. Dana ratusan miliar itu ditujukan bagi 330 desa yang tersebar di 27 kecamatan di Kota Keris.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Moh. Ramli mengatakan, sebagian besar desa telah melakukan pencairan DD tahap pertama. Namun sebanyak 30 desa belum melakukan pencairan.


“Sekitar sepuluh persen yang belum melakukan pencairan DD,” ucapnya, Rabu (24/3).

Menurut Ramli, salah satu kendala desa-desa yang belum melakukan pencairan DD itu antara lain karena terdapat dinamika pada proses penyusunan program kegiatan dalam anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).

Dia menyebut, besaran anggaran DD setiap desa bervariasi. Hanya saja, sesuai ketentuan DD ditekankan untuk tiga hal. Meliputi pengembangan dan peningkatan ekonomi nasional, mendukung program prioritas nasional, dan penanganan pandemi Covid-19.

“Kami berharap semua elemen masyarakat ikut mengawasi. Agar DD yang jumlahnya cukup besar ini bermanfaat bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” tutupnya. (BAD)