Danrem Bhaskara Jaya Tinjau Penegakan Prokes di Sampang

Danrem Bhaskara Jaya
Danrem Bhaskara Jaya Herman Hidayat Eko Atmojo saat membagikan masker kepada warga di Sampang, Madura, Jumat (5/2). Ada dua lokasi khusus yang ditinjau, yakni Pasar Srimangunan dan Pasar Torjun. (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo berkunjung ke Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, guna meninjau penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19, Jumat (5/2).

Sebelum melakukan peninjauan, kedatangan Danrem 084/Bhaskara Jaya disambut hangat oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sampang di Pendopo Trunojoyo. Mulai Wakil Bupati (Wabup) Abdullah Hidayat, Dandim 0828 Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum, Kapolres AKBP Abdul Hafidz, Ketua DPRD Fadol Abd Rohim, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Maskur dan Kepala Pengadilan Negeri (PN) Irianto Prijatna Utama.


Dandim 0828/Sampang Mulya Yaser Kalsum mengatakan, kunjungan Danrem Bhaskara Jaya ke Kabupaten Sampang untuk melakukan peninjauan penegakan Prokes dan bagi-bagi masker. “Setelah dari Sumenep, Pamekasan dan sekarang Sampang,” katanya.

Mulya Yaser menyampaikan, ada dua lokasi khusus (Lokus) yang menjadi sasaran peninjauan Danrem 084/Bhaskara Jaya. Yakni Pasar Srimangunan dan Pasar Torjun.

Sementara itu, Danrem 084/Bhaskara Jaya Herman Hidayat Eko Atmojo menyampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa Covid-19 itu ada dan belum selesai.

“Covid-19 masuk melalui hidung dan mulut, jadi pencegahan yang sangat efektif adalah dengan cara melakukan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak ,” ujarnya.

Selain melaksanakann 3M, masyarakat juga bisa menjaga imun, kesehatan, makan makanan bergizi dan berolahraga. “Obat untuk Covid-19 masih belum ada, kalau vaksin hanya untuk mencegah, tapi tetap harus bermasker,” terangnya.

Baca juga:  Pemilik Gudang UD Yudha Tama ART Ditetapkan Sebagai Tersangka

Sebab itu, dia meminta masyarakat di Kabupaten Sampang untuk ikut serta saling mengingatkan dalam mengikuti Prokes Covid-19. “Bagi Masyarakat apa ikuti protokol Covid-19 seperti apa yang disampaikan oleh pihak pemerintah kabupaten maupun pemerintah desa,” himbaunya.

Di tempat yang sama, Wabub H. Abdullah Hidayat mengatakan, saat ini Sampang berada di zona kuning. Namun pihaknya mengaku tetap mewaspadai penyebaran Covid-19 dengan mengikuti Prokes.

“Titik rawan adalah di Kecamatan Kota. Semoga dalam jangka waktu dekat kita bisa kembali ke zona hijau,” tuturnya.

Mantan Ketua Asosiasi Kepala Desa(AKD) Kabupaten Sampang itu juga berharap, agar masyarakat tidak berkerumun dan tetap memakai masker. “Yang terpenting juga adalah menjaga kebersihan dan melakukan pola hidup sehat,” tandasnya. (RIF/MH)