banner auto
banner auto

Cegah Pungli, Dishub Bangkalan Luncurkan E-KIR

KIR Dishub Bangkalan
Aktivitas uji KIR Dishub Bangkalan, Kamis (22/12). (Foto: Romi/MID)

maduraindepth.com – Upaya menekan angka pungutan liar (Pungli), Dinas Perhubungan (Dishub) Bangkalan berinovasi dengan meluncurkan program elektronik uji kendaraan bermotor atau E-KIR. Program tersebut berupa jasa layanan untuk melakukan pembayaran KIR secara non-tunai.

Dalam hadirnya program itu, pembayaran KIR bisa menggunakan sistem scan QRIS melalui ponsel maupun virtual account (VA). Hal itu dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Bangkalan Ariek Moein, Kamis (22/12).

banner auto

Dia menyampaikan, untuk pembayaran E-KIR, Dishub Bangkalan selama ini masih menggunakan sistem QRIS. Sebab diakui penggunaan VA masih tergolong sulit diterapkan.

“Kami memudahkan masyarakat untuk membayar KIR dengan ponselnya. Ini kami lakukan untuk mencegah pungli,” tuturnya.

Diterangkan, E-KIR bertujuan untuk meningkatkan tertib administrasi, khususnya dalam uji KIR secara non-tunai. Kemudian, meningkatkan pelayanan pada wajib bayar masyarakat pada uji KIR secara non-tunai dan menekan angka pungutan liar terutama kepada petugas KIR di Dishub Bangkalan.

Teknis dalam uji KIR, lanjut dia, Dishub Bangkalan sudah menggunakan radio frequency indentification smart card (RFID). “Yang dulu itu konfensional, sekarang sudah berganti smart card. Artinya saat ini dengan RFID tersebut kementerian perhubungan (Kemenhub) bisa langsung mantau KIR,” jelasnya. (RM/*)

Dapatkan Informasi Terkini Di Sini

banner auto banner auto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info