banner auto

Calon Penumpang Bisa Lega, Kapal DBS III Akan Diberangkatkan ke Kepulauan Kangean dan Sapeken

Kapal Diberangkatkan Kangean Sapeken
Sejumlah kendaraan muatan barang saat berada di halaman Terminal Pelabuhan Pelindo III, Kalianget, Sumenep, Kamis (5/1). (Foto: IST)

maduraindepth.com – Kabar gembira, Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Bahari Sumekar (DBS) III akan diberangkatkan Jumat (6/1) besok. Kapal tersebut rencananya akan melayani rute pelayaran dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Kangean dan Sapeken, Kabupaten Sumenep.

Jadwal keberangkatan KMP DBS III itu merupakan kapal pertama yang bakal beroperasi untuk melayani penyeberangan antar kepulauan di Kota Keris, setelah sekitar dua pekan aktivitas pelayaran dihentikan. Penyebabnya, cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan Sumenep sejak 23 Desember 2022 lalu.

Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti menjelaskan, berdasarkan hasil koordinasi, kapal DBS III rencananya akan diberangkatkan antara pukul 08.00 hingga pukul 16.00. Namun, informasi terbaru yang diperoleh, KMP DBS III saat ini masih dalam proses perbaikan mesin. “Belum diketahui kerusakannya,” ujarnya, Kamis (5/1).

Diterangkan, sampai saat ini jumlah muatan barang yang berada di Pelabuhan Pelindo III Kalianget sebanyak 22 unit pick up dan 1 unit truk. Sedangkan jumlah penumpang yang terdata Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep untuk tujuan Kangean dan Sapeken sebanyak 173 orang.

“Dengan rincian calon penumpang tujuan Kangean 152 orang dan Sapeken 21 orang,”

Widiarti mengatakan, meningkatnya jumlah calon penumpang yang berencana berangkat menggunakan KMP DBS III sudah banyak tiba di Pelabuhan Pelindo III Kalianget. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan pengamanan sembari menunggu KMP DBS III bersandar untuk melakukan pengangkutan muatan barang maupun penumpang.

Baca juga:  Dua Unit Rumah Ibu Purinti Hangus Terbakar, Damkar Belum Terima Laporan

Dia menambahkan, jumlah muatan barang terus bertambah. Sedangkan kapasitas dek kapal tidak memadai jika semua muatan diangkut dalam sekali pelayaran. Oleh karena itu, diharapkan agar operator KMP DBS III dapat beroperasi sengan kapasitas muatan normal.

“Disarankan agar lebih memperioritaskan pengangkutan penumpang (Mengesampingkan angkutan barang), mengingat jumlah calon penumpang terus mengalami peningkatan di Pelabuhan Pelindo III Kalianget,” tukasnya. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto