Bupati Sampang Perintahkan Dinsos Buka Dapur Umum di Posko Covid-19

Dapur Umum Posko Covid-19 Sampang
Petugas saat memasak di dapur umum di Posko Covid-19. (Foto: MH/MI)

maduraindepth.com – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menginstruksikan Dinas Sosial untuk membuka Dapur Umum (DU) di Posko Covid-19 yang berlokasi di Jembatan Timbang, kecamatan Jrengik, Sampang. DU diproyeksikan untuk menyediakan nasi bungkus yang akan dibagikan kepada warga pendatang dari luar daerah ketika selesai menjalani pendataan dan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan Satgas Covid-19 Pemkab Sampang.

Kepala Dinas Sosial, Moh Amiruddin, melalui Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Moh. Imron, mengatakan, pembukaan DU dimaksudkan untuk memberikan bantuan nasi bungkus kepada para pendatang ataupun para pemudik dari luar Daerah yang masuk ke Kabupaten Sampang.


“Karena banyaknya pemeriksaan kesehatan dan pendataan yang dilakukan oleh tim Satgas di masing-masing daerah, sehingga membuat para pendatang kecapean dan kelaparan. Untuk itu kami memberikan bantuan nasi bungkus,” kata Imron.

Dia menjelaskan, sebelumnya, Dinas Sosial telah membantu Satgas Covid-19 Pemkab melakukan pendataan para pendatang. “Namun per-hari ini Dinas Sosial diperintahkan untuk membuka dapur umum,” ungkapnya.

Dikatakannya, menjelang bulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah, pihaknya masih akan tetap melakukan aksi tanggap darurat bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana), Kampung Siaga Bencana, dan Pelopor Perdamaian yang merupakan bentukan Kementerian Sosial Republik Indonesia dibawah naungan Dinas Sosial.

“Kegiatan ini akan dilakukan sampai ada informasi lebih lanjut. Pastinya sampai pandemi Covid-19 berakhir,” ucapnya.

Baca juga:  Siswa Ikut Unjuk Rasa, Kacabdin Sumenep : Itu Yang Ikut Pasti Pribadi Siswa Sendiri

Ditanya jumlah nasi bungkus yang akan dibagikan kepada para pendatang, Imron mengatakan akan membuat nasi bungkus sebanyak 200 bungkus per-harinya.

“Seiring dengan adanya arus mudik, pihaknya akan menyesuaikan jumlah ketersediaan nasi bungkus yang akan dibagikan,” pungkasnya. (RIF/AW)