Anggaran Khusus Hewan Kurban di Sampang Capai Rp 510 Juta

Sapi milik warga Sampang, Jum'at (10/6). (Foto: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Tahun ini Pemerintah Kabupaten Sampang akan gelontorkan anggaran khusus untuk pembelian hewan kurban. Dana yang dibutuhkan mencapai kurang lebih Rp 510 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Moh. Tholkah menyampaikan, jumlah anggaran yang direncanakan nantinya akan dikhususkan untuk pembelian 36 hewan kurban.


“Pemerintah akan membeli 1 eko sapi limusin, 20 ekor sapi lokal dan 15 ekor kambing saat hari raya Idhul Adha 1443 Hijriyah tiba,” ucapnya, Jumat (10/6).

Untuk pengadaan hewan kurban, lanjut Tholkah, masih dalam tahap proses lelang, sehingga belum dipastikan siapa pemenangnya. Sedangkan pihak yang berhak menerima hewan kurban harus mengajukan permohonan proposal melalui Camat, sehingga nantinya pihak Kecamatan akan menunjuk penerima hewan kurban.

“Biasanya penerima mayoritas dari Pondok Pesantren mengingat banyak santri yang lebih membutuhkan. Kalau mengaca pada 2021 pembagian hewan kurban merata ke 14 Kecamatan,” jelasnya.

Tholkah menambahkan, untuk pendistribusian sapi dan hewan kurban lainnya akan dilakukan saat mendekati Idhul Adha sembari menunggu kondisi reda dari PMK pada hewan.

“Kami akan gandeng tim kesehatan hewan untuk memeriksa kesehatan hewan sebelum diserahkan ke pada masyarakat,” pungkasnya. (Alim/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here