Bupati dan Wabup Sampang Shalat Idhul Adha Sekaligus Serahkan Hewan Kurban

Bupati dan wabup sampang shalat idul adha dan serahkan hewan kurban
Bupati dan Wabup Sampang dan Forkopimda shalat Idul Adha bersama ratusan masyarakat Sampang. (Foto: Prokopim Pemkab for MID)

maduraindepth.com – Bupati Sampang Slamet Junaidi dan Wakil Bupati Abdullah Hidayat melaksanakan shalat Idul Adha 1444 Hijriyah di halaman Alun–Alun Trunojoyo, Kamis (29/6). Bertindak sebagai Imam sekaligus khotib shalat Idul Adha, yaitu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sampang KH Buckhori Maksum.

Usai melaksanakan shalat, Bupati ditemani Wakil Bupati menyerahkan hewan kurban secara simbolis, kepada Takmir Masjid Agung Sampang. Termasuk kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan PD Muhammadiyah Sampang.

Khatib Shalat Idul Adha KH Buchori Maksum dalam ceramahnya mengajak, seluruh umat Islam di Kabupaten Sampang agar senantiasa mendekatkan diri dan bertawakal kepada Allah SWT. “Seperti dicontohkan Nabi Ibrahim AS yang mengorbankan puteranya Ismail AS untuk dijadikan hewan qurban, karena Allah cinta kepada Nabi Ibrahim AS, lalu menyuruh Nabi Ibrahim AS menggantikan puteranya dengan seekor kambing,” terangnya.

Bupati dan wabup sampang shalat idul adha dan serahkan hewan kurban
Bupati dan Wabup Sampang dan Forkopimda serahkan hewan kurban usai shalat Idul Adha bersama ratusan masyarakat Sampang. (Foto: Prokopim Pemkab for MID)

Dia juga menjelaskan, hari raya Idul Adha atau lebaran kurban merupakan hari yang dirayakan setelah seseorang melakukan ketaatan dan penghambaan diri kepada Allah SWT. “Lebaran quran juga hari bagi mereka yang telah menjalankan rukun haji yang paling utama yaitu wukuf di arafah, ” ujarnya di hadapan ratusan jemaah.

Sementara, Bupati Sampang Slamet Junaidi mengajak, masyarakat Kota Bahari untuk menjadikan hari raya Idul Adha sebagai momentum, agar peduli kepada orang kurang mampu dengan cara berkurban. “Idul Adha menjadi momentum yang tepat untuk mengasah keikhlasan serta kepedulian terhadap sesama, menyisihkan sebagian rejekinya kepada saudara–saudara yang kurang mampu, untuk mengurangi beban hidup mereka,” ucapnya.

Baca juga:  H-2 Lebaran Idul Adha 2023, Harga Sapi di Sampang Melonjak Naik

Dia juga menyampaikan, saat ini Pemerintah Daerah berkomitmen untuk terus membangun Kabupaten Sampang lebih maju. Hal itu sebagai bentuk upaya mewujudkan visi Hebat Bermartabat.

“Pembangunan Sampang harus ada dukungan dari elemen masyarakat untuk mencapai visi misi yang ada,” katanya.

Diketahui, pada momentum Idul Adha 1444 H kali ini, Pemerintah Kabupaten Sampang menyalurkan satu ekor sapi Limosin, 26 ekor sapi lokal atau madura, dan 23 ekor kambing ke beberapa Takmir Masjid dan Pondok Pesantren yang tersebar di seluruh kecamatan di Sampang. (Alim/*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto