banner auto
banner auto

3 Alasan Kompetisi Sepak Bola Liga 2 dan 3 Musim 2022-2023 Dihentikan PSSI

Alasan Liga Dihentikan PSSI
Dua klub saat bertanding pada kompetisi Liga 3 Jawa Timur musim 2021 lalu. (Foto: Dokumen MID)

maduraindepth.com – Ada beberapa alasan yang menyebabkan kompetisi sepak bola Liga 2 dan Liga 3 musim 2022-2023 dihentikan PSSI. Keputusan itu diambil pada rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di GBK Arena, Jakarta Pusat, Kamis (12/1) sore.

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menyebut, ada beberapa alasan PSSI menghentikan kompetisi sepak bola Liga 2 dan Liga 3 di Indonesia. Salah satunya, banyak klub yang berkompetisi di kasta kedua sepakbola Indonesia menginginkan Liga 2 tidak dilanjutkan.

banner auto

“Pertama, keputusan ini merujuk atas adanya permintaan dari sebagian besar klub Liga 2 yang menginginkan kompetisi tidak dilanjutkan,” ujarnya, Kamis (12/1).

Berdasarkan informasi yang beredar, sebanyak 20 klub dari 28 tim Liga 2 memutuskan untuk tidak ingin melanjutkan kompetisi musim 2022-2023. Dia menyebut, kurangnya kelayakan infrastruktur yang sesuai dengan permintaan dari tim transformasi sepak bola Indonesia akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan pada awal Oktober 2022 lalu juga menjadi penyebab kompetisi dihentikan.

“Kedua, karena rekomendasi dari tim transformasi sepak bola Indonesia seusai tragedi Kanjuruhan, terkait sarana dan prasarana yang masih banyak belum memenuhi syarat dan ketentuan,” ungkap Yunus.

Alasan lain mengenai Liga 2 dan Liga 3 musim 2022-2023 dihentikan PSSI yakni terkait Peraturan Polisi (Perpol) nomor 10/2022. Peraturan tersebut merupakan bagian dari penyempurnaan penyelenggaraan kompetisi yang baik untuk sepak bola Indonesia.

Baca juga:  Kasus Dugaan Maladministrasi BUMD di Bangkalan, Kejari Bakal Datangkan Tim Ahli

“Ketiga, kami sangat menghargai Perpol nomor 10/2022 dan Perpol ini merupakan bagian dari penyempurnaan penyelenggaraan kompetisi yang baik dengan memperhatikan periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi dan izin, hingga bantuan pengamanan,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, Liga 2 musim 2022-2023 sempat bergulir. Namun kompetisi kasta kedua itu baru berjalan hingga babak penyisihan grup. Kemudian Liga 2 diberhentikan usai insiden di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Selain itu, PSSI juga turut menghapus sistem degradasi Liga 1 pasca keputusan diberhentikannya Liga 2 dan Liga 3 musim 2022-2023. Dengan demikian, tidak akan ada tim yang promosi maupun terdegradasi di musim ini. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

banner auto banner auto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info