166 CJH Asal Sampang Harus Ikut Manasik Sebelum Berangkat Haji

CJH asal Sampang Harus Ikut Manasik
Ratusan CJH asal sampang saat mengikuti manasik haji massal tingkat kabupaten, Rabu, 25 Mei 2022. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Sebanyak 166 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Sampang akan berangkat ke Mekah tahun ini. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, Moh. Ersyad, Rabu (25/5).

Moh. Ersyad mengatakan, keberangkatan CJH tahun 2022 ini merupakan jemaah yang gagal berangkat akibat pandemi Covid-19. Jumlah CJH yang akan berangkat tersebut merupakan jatah kuota dari ketentuan pemerintah pusat.


“Memang ada perubahan jumlah jemaah haji yang berangkat tahun ini, awalnya 180 orang, karena ada sebagian belum melunasi juga ada yang mutasi sehingga berubah,” ujarnya pada maduraindepth.com.

Ihwal ada penambahan kuota atau tidak, pihaknya tidak bisa memastikan. “Soal cadangan untuk sembilan orang itu kami masih menunggu, bisa jadi lebih atau kurang karena ini porsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Semua CJH Harus Ikut Manasik

Pihaknya meminta kepada semua CJH agar mengikuti manasik haji yang diselenggarakan Kemenag Sampang. Sementara CJH yang tidak bisa mengikuti manasik pertama dianjurkan mengikuti manasik yang ada di empat kecamatan di Kabupaten Sampang.

“Tetap ikut, karena dalam kurun waktu dua hari kedepan akan ada manasik lagi di tingkat kecamatan,” terangnya.

Ersyad mengatakan, dalam manasik tingkat kecamatan tiap kelasnya minimal diisi oleh 45 orang. “Tujuannya supaya jemaah haji memahami tentang makna haji,” ucapnya.

Baca juga:  Arab Saudi Tetapkan 1 Juta Jemaah Haji, Kuota RI Diprediksi Berkurang

Diketahui jadwal pemberangkatan akan berlangsung pada 16 Juni 2022 mendatang. Namun pihaknya belum bisa memastikan karena penentuan tanggal itu hanya wacana sementara.

“Belum pasti, bisa jadi maju atau malah mundur tanggal pemberangkatannya, tapi yang jelas kita mempersiapkan saja,” pungkasnya. (Alim/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here