173 Jemaah Haji Asal Sampang Berangkat

Jemaah haji sampang
Suasana pemberangkatan jemaah haji asal Sampang di Pendopo Trunojoyo, Kamis, 16 Juni 2022. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Sebanyak 173 jemaah calon haji asal Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur telah diberangkatkan. Pelepasan dilaksanakan pada Kamis (16/6) oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Yuliadi Setiyawan dari Pendopo Trunojoyo.

Mereka terdiri dari 76 laki-laki dan 97 perempuan. Rombongan jemaah kloter 20 ini diberangkatkan menggunakan lima unit bus menuju Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya.


“Keberangkatan jamaah haji Kabupaten Sampang tergabung dalam kloter 20, bersama Kota Probolinggo, Kota Batu, dan Kabupaten Gresik,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, Moh. Ersyad.

Ia memaparkan, rincian jumlah jemaah dalam kloter 20 ini. Yakni 173 jamaah asal Sampang, 87 jemaah Kota Probolinggo, 100 jemaah asal Kota Batu dan 84 jemaah asal Kabupaten Gresik.

“Total seluruhnya, jemaah haji 446 orang, ditambah 4 dari petugas kloter, jadi seluruhnya 450 orang jemaah yang tergabung di kloter 20,” terangnya.

Saat pelepasan, Yuliadi Setiyawan mewakili Bupati Sampang mengatakan, keberangkatan jemaah calon haji asal Sampang yang berangkat tahun ini kurang lebih 45 persen dari total yang sudah ditentukan oleh Provinsi.

“Kuotanya ada 185 orang, namun karena ada sebagian yang umurnya di atas 65 dan ada yang membatalkan, jadi sisanya 173 jemaah,” ucapnya.

Sedangkan pemerintah daerah sendiri, lanjut Wawan, hadir memberikan bantuan seperti anggaran transportasi dan baju seragam khusus jemaah calon haji yang berangkat ke tanah suci.

Baca juga:  406 Calon Haji Kloter 12 dari Sampang Berangkat ke Tanah Suci

“Pemerintah memastikan para jemaah sehat sampai tiba ke Mekah dan pulang ke tanah air,” ujarnya.

Sekedar informasi, para jemaah calon haji asal Sampang ini diperkirakan terbang ke tanah suci hari ini, Jumat (17/6) siang sekitar pukul 11.00 WIB. (Alim/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here