120 Desa Di Bangkalan Bakal Gelar Pilkades Serentak 2021

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan, Akhmad Ahadiyan Hamid saat berada di ruangannya, Senin (18/1). (Foto: Suryadi Arfa/MI)

maduraindepth.com – Sebanyak 120 desa di Kabupaten Bangkalan akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021. Ratusan desa itu tersebar di 18 kecamatan di Kota Dzikir dan Shalawat.

Meliputi Kecamatan Bangkalan, Socah, Kamal, Labang, Kwanyar, Modung, Blega, Galis, Geger, dan Arosbaya. Kemudian Kecamatan Sepulu, Tanjung Bumi, Kokop, Konang, Tanah Merah, Patemon, Tragah, serta Burneh.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan Akhmad Ahadiyan Hamid mengaku belum bisa menentukan tanggal pelaksanaan. Pasalnya, hingga saat ini pihaknya masih menunggu peraturan bupati (Perbup) yang belum rampung.

“Terkait Pilkades 2021, kami belum bisa menentukan. Karena perbupnya masih direvisi di Bagian Hukum,” ujar Ahadiyan saat dikonfirmasi maduraindepth.com di ruangannya, Senin (18/1).

Pilkades 2021 ini, lanjut dia, dari setiap kecamatan terdapat beberapa desa yang melaksanakan. Sehingga dari 18 kecamatan di Bangkalan dipastikan akan terlibat dalam Pilkades serentak.

“Ada 120 desa dari 18 kecamatan yang ikut pemilihan,” imbuhnya.

Saat ditanya terkait kendala untuk pelaksanaan Pilkades di kabupaten Bangkalan, pria yang akrab disapa Diet itu menjelaskan bahwa hingga saat ini tidak ada kendala. “Ketika selesai dari badan hukum dan perbupnya keluar, baru kita membuat schedule serta tahapan-tahapan pilkades. Kemudian pembentukan panitia pemilihan kepala desa (P2KD) kabupaten,” ungkap Diet.

Baca juga:  Rencana Penundaan Pilkades: Menyelamatkan Rakyat atau Kepentingan Pejabat?

Dia menambahkan, pada Pilkades serentak kali ini pihaknya berharap pesta demokrasi tingkat desa tersebut berjalan sesuai dengan mekanisme yang sudah ditentukan serta berjalan sesuai prosedur.

“Semoga berjalan lancar tanpa hambatan, sukses dan kondusif,” tutupnya. (SA/BAD)