banner auto
Health  

10 Manfaat Lidah Buaya: Mengatasi Kulit Kering Hingga Cegah Diabetes

Lidah buaya
Lidah buaya. (FOTO: Agus Wedi/MI)

maduraindepth.com – Lidah buaya atau dikenal dengan nama Aloe Vera memiliki beragama manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman ini sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan, mulai dari penyakit kulit hingga sembelit.

Salah satu manfaat lidah buaya yang dikenal luas adalah melembabkan kulit. Terbukti, banyak produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Selain itu, masih banyak manfaat tanaman ini yang perlu kita ketahui.

Berikut 10 manfaat lidah buaya bagi kesehatan:

1. Mengatasi Kulit Kering

Mengoleskan lidah buaya pada kulit dapat membantu mengatasi kulit kering. Sebab, lidah buaya mengandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C dan E. Kandungan vitamin yang terdapat pada lidah buaya dapat menguatkan lapisan pelindung kulit, sehingga membuat kulit menjadi lebih lembab.

2. Menghilangkan Jerawat

Penelitian menunjukkan, mengoleskan gel lidah buaya di pagi dan sore hari, bersamaan dengan obat anti jerawat yang diresepkan dokter, mampu mengurangi jerawat hingga 35 persen. Pasalnya, dalam lidah buaya terdapat kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lain yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Membersihkan Make Up

Bagi yang memiliki kulit sensitif, lidah buaya dapat dijadikan alternatif untuk membersihkan make up tanpa iritasi. Dengan teksturnya yang seperti gel, lidah buaya dapat melarutkan riasan wajah sekaligus melembapkan kulit.

Baca juga:  RSUD Moh Anwar Sumenep Tingkatkan Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan

4. Mengatasi Mata Bengkak

Mengoleskan lidah buaya ke area bawah mata diyakini dapat membantu mengatasi mata bengkak. Sebab, lidah buaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah, sehingga dapat melancarkan perpindahan cairan yang menumpuk.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Penelitian menunjukkan, mengoleskan gel atau krim lidah buaya ke kulit dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar derajat ringan (derajat 1 dan 2). Bahkan, sebuah penelitian menemukan lidah buaya lebih efektif dibandingkan salep.

6. Meredakan Gatal dan Ruam Kronis

Penyakit kronis yang disebabkan peradangan dapat menyebabkan rasa gatal di kulit dan mulut. Ini dapat menganggu makan, minum, dan kenyamanan secara umum. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan, menggunakan obat kumur yang mengandung gel lidah buaya sebanyak 3 kali sehari selama 3 bulan bisa membantu mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Khasiat yang sama juga bisa didapatkan jika gel lidah buaya dioleskan pada kulit, 2 kali sehari selama 2 bulan.

7. Membantu Pemulihan Cold Sore

Krim dengan ekstrak lidah buaya bisa mempercepat proses penyembuhan cold sore atau luka akibat virus herpes simpleks. Selain karena melembabkan, manfaat ini dapat diperoleh karena lidah buaya memiliki sifat antivirus sehingga dapat membantu melawan virus herpes.

8. Mengatasi Psoriasis

Penggunaan krim dengan kandungan lidah buaya dapat mengurangi plak kulit yang timbul akibat psoriasis. Bahkan, krim lidah buaya diduga lebih efektif daripada triamcinolone yang biasa diresepkan untuk psoriasis.

Baca juga:  Kenali Ciri-Ciri Tipes yang Sering Diabaikan

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian menunjukkan, konsumsi ekstrak lidah buaya setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2.
Meski demikian, penggunaannya harus berhati-hati karena jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, glukosa darah dapat turun dalam jumlah yang tinggi sehingga dapat membahayakan kesehatan.

10. Melancarkan Buang Air Besar

Manfaat lidah buaya yang terakhir ini sudah lama diketahui banyak orang. Lateks pada gel lidah buaya diketahui dapat menjadi obat pencahar. Namun, penggunaannya harus dilakukan secara hati-hati karena juga bisa menyebabkan efek samping berupa diare. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto