Yuk Berkunjung ke Ekowisata Hutan Mangrove Lembung

mangrove lembung
Ekowisata Hutan Mangrove Lembung di Kecamatan Galis, Pamekasan. (Foto: MID27)

maduraindepth.com – Hutan mangrove memiliki banyak manfaat. Bukan hanya dari sisi lingkungan, tapi juga dari sisi ekonomi. Hutan mangrove bisa menjadi sumber penghasilan, salah satunya dengan cara dikelola sebagai destinasi wisata. Ekowisata Mangrove Lembung contohnya.

Kawasan hutan mangrove ini terletak di Desa Lembung, Kecamatan Galis, Pamekasan, Madura. Kawasan ini awal mulanya dibangun atas kegigihan Slaman, perintis ekowisata Mangrove Lembung. Luasnya mencapai sekitar 46 hektar.

banner 728x728

Ada beberapa jenis tanaman mangrove yang sudah ditanam Slaman selama puluhan tahun. Dia bercerita awal mula melakukan konservasi hutan mangrove di tempat tersebut. Sekitar 1986 silam, tepatnya saat Slaman masih duduk di bangku kelas VIII SMP, hingga kini.

Slaman mengatakan, upaya yang dilakukannya itu untuk menjaga lingkungan dari kerusakan akibat abrasi. Karena saat itu jumlah pohon mangrove di pesisir Desa Lembung masih sedikit. Namun kini, kawasan hutan Mangrove Lembung banyak dikunjungi. Baik wisatawan maupun pelajar dan mahasiswa yang hendak melakukan penelitian.

“Tepatnya pada tahun 2019 Mangrove Lembung resmi dibuka menjadi ekowisata, dengan bangunan jembatan sekitar 400 meter menuju ke arah laut,” pungkasnya. (MID27/*)

DAPATKAN INFORMASI TERKINI DI SINI

banner 728x728

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

banner 728x90
WhatsApp Kirim Info