Wisata Puncak Ratu di Pamekasan: Pelepas Penat di Tengah Pandemi

226
EKSOTIS: Salah satu view di wisata Puncak Ratu, Pamekasan. (Ruk/MI)

maduraindepth.com- Pandemi Covid-19 masih belum juga berakhir dan mobilitas warga masih belum sepenuhnya kembali normal. Namun, sejak diperbolehkannya tempat wisata dibuka kembali, Puncak Ratu di Dusun Monging, Desa Tebul Barat, Kecamatan Pagentanan Pamekasan, menjadi objek wisatawan untuk melepas penat.

Agus (35), wisatawan yang keseharianya tinggal di Surabaya mengaku Puncak Ratu, Pamekasan memiliki daya tarik khas desa yang tidak banyak ditemui di tempat wisata lainya.


“Puncak ratu adalah satu tempat wisata yang bagus menurut saya, kesegaran suasana desa yang masih terasa menjadi nilai lebih dari tempat wisata lainnya,” ucapnya saat ditemui di wisat puncak ratu, Jum’at (7/8).

Sebelumnya, Pemkab Pamekasan membuka kembali tempat wisata yang ada di Kabupaten Pamekasan, dengan memperhatikan protokol Kesehatan Covid-19 sebagai upaya memulihkan perekonomian dan mengembalikan mobilitas warga dengan normal baru.

Wisata yang kekinian seperti puncak ratu, menurut Agus, mempesona bagi para wisatawan. Ketinggian bukit sekitar 100 meter dengan pemandangan alam hijau dan indah sangat memanjakan mata pengunjung.

“Pada saat saya sampai di tempat wisata ini, ternyata pemandangan tempat wisata tersebut masih sangat elok, lokasinya yang diatas memperlihatkan pemandangan kerumah warga dan ladang-ladangnya,” imbuhnya.

Selain itu, puncak ratu dikelilingi dengan pohon sengon atau pohon albasia layaknya wisata hutan pinus, sekitar 100 pohon sengon yang menambah kesejukan tersendiri bagi para pengunjung. Apalagi, ditambah dengan tempat ngopi yang dijadikan untuk nongkrong bagi wisatawan.

Baca juga:  Cuaca Ektrem Landa Pamekasan Madura, Kodim 0826 Siapkan Pengamanan

“Pohon sengon dengan daun yang rindang di tempat wisata tersebut membuat tempat kelihatan indah,” ungkapnya.

Untuk diketahui, saat ini, untuk memasuki wisata Puncak Ratu, pengunjung tinggal mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000/orang sebagai uang tiket masuk. Sementara untuk parkir dikenakan Rp 3.000 bagi roda dua dan Rp 5.000, untuk kendaraan roda empat.

Lokasi Wisata Puncak Ratu berada di utara atau sekitar 10 km dari pusat kota Pamekasan. (Ruk/AW)