banner auto

Wisata Goa Lebar di Sampang Terancam Ditutup

Wisata Goa Lebar Sampang
Pengendara melintas di area pintu masuk wisata Goa Lebar di Kelurahan Rong Tengah, Kecamatan/Kabupaten Sampang, Jumat (7/10). (Foto: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Wisata Goa Lebar di Kabupaten Sampang terancam ditutup. Pasalnya, wisata yang berlokasi di Kelurahan Rong Tengah itu berpotensi rawan longsor.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang, Marnilem mengungkapkan, pihaknya tidak merekomendasikan warga yang hendak mengunjungi wisata tersebut. Alasannya, faktor keamanan tidak terjamin.

“Kondisinya berbahaya, jadi kami larang warga untuk mengunjungi wisata Goa Lebar,” ucapnya, Jumat (7/10).

Diterangkan, sebelumnya sebagian titik di lokasi wisata tersebut pernah mengalami ambruk dan sulit untuk diperbaiki lagi. Jika kondisinya tetap tidak aman, lanjut dia, ada kemungkinan destinasi wisata itu ditutup.

“Kondisi batu di Goa Lebar ini jenis kapur. Jadi ada kemungkinan ditutup atau tetap dikembangkan lagi,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku akan melakukan kajian ulang, guna mencari solusi untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Menurut dia, perbaikan pernah dilakukan. Namun banyak masyarakat yang mengkhawatirkan kondisi bebatuan di wisata itu yang berpotensi ambruk.

“Larangan agar tidak dikunjungi sudah berlaku sejak sebelum pandemi Covid-19,” ungkapnya.

“Kami akan pasang rambu-rambu larangan bagi pengunjung agar tidak masuk terlalu dalam. Cukup lihat di sisi luar saja, karena kondisi batu licin dan berpotensi longsor,” pungkasnya. (Alim/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto