Warga Isoman di Kabupaten Pamekasan Dapat Bansos

Isolasi mandiri
Ilustrasi warga menjalani Isolasi Mandiri. (Foto: Umarul Faruk/MI).

maduraindepth.com – Kasus Covid-19 masih melanda seluruh pejuru tanah air. Pemkab Pamekasan menunjukan perhatianya kepada masyarakat terkonfirmasi Covid-19 yang menjalankan isolasi mandiri (Isoman) dengan memberikan bantuan sosial (Bansos) berupa makanan yang mengandung protein dan vitamin.

“Bantuan diberikan kepada masyarakat yang menjalankan Isoman di Pamekasan berupa masker, madu, jamu, kemudian vitamin, telur dan jajan,” kata Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Minggu (25/7/21).


Diterangkan, ide dasar bantuan tersebut bermula dari diskusi santai dengan para kepala dinas dan Sekertaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pamekasan. Sehingga muncul beberapa gagasan, antara lain Bansos kepada warga terkonfirmasi Covid-19 yang menjalankan Isoman.

Tidak hanya itu, Bansos tersebut sebagian hasil dari produksi masyarakat setempat. Sehingga dapat mendorong perkembangan ekonomi di Bumi Gerbang Salam di tengah pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat ini.

“Ada banyak ruang yang harus dimasuki oleh pemerintah, sehingga ditemukan hasil (ide) dari diskusi itu beberapa pilihan kebijakan dan kita memilih untuk memberikan bantuan. Yang bantuanya itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi,” terang orang nomor satu di Pamekasan itu.

Menurut dia, masyarakat Pamekasan yang berupaya terbebas dari wabah Covid-19 dengan menjalan Isoman tidak boleh dibiarkan tanpa mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Termasuk Bansos tersebut berlaku hingga pandemi Covid-19 dinyatakan selesai.

Baca juga:  Manfaatkan Dana CSR Untuk Tingkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat

“Sampai pemerintah pusat mentapkan bahwa masa pandemi selesai,” ucap Baddrut.

Dikatakan, masyarakat Pamekasan yang terinfeksi Covid-19 dan membutuhkan konsultasi kesehatan dapat menghubungi Call Care yang langsung terhubung pada tenaga kesehatan.

“Untuk memberikan wujud kepastian masyarkat tidak hanya disuruh Isoman, tapi juga dibantu obat dan bisa sambil konsultasi melalui Pamekasan Call Care,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan Moch. Tarsun menyampaikan, bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah untuk mengurangi beban para pasien Isoman. Paket bantuan itu berupa beras seberat 5 kilogram, telur, vitamin, susu, jamu tradisional, masker, jajanan, dan aneka obat-obatan.

“Bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan dasar para Isoman. Makanya ada beras, telur, vitamin, madu, dan obat-obatan agar mereka cepat pulih kembali,” ungkapnya kepada awak media.

Tarsun memaparkan, bantuan itu akan diantarkan langsung oleh petugas dan relawan kepada pasien Isoman sesuai data dari Dinkes berdasarkan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) dengan jumlah pasien yang dinamis. Sebab, setiap 14 hari ada pasien yang sembuh, dan ada ganti pasien lain yang Isoman.

Berikut nomor telepon atau whatsapp yang dapat dihubungi masyarakat di Pamekasan untuk konsultasi kesehatan

1. Puskesmas Kadur Pamekasan
* 0324 351 6457
* 085 230 870 546

2. Puskesmas Panaguan Pamekasan
* 085337762787
* 085231261118