Usai Dibentuk, FPRB Gelar Silaturahmi Ke Kantor BPBD Sampang

Tim FPRB Sampang saat menyambangi kantor BPBD Sampang, Senin (18/1). (Foto: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Sampang menyambangi Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Senin (18/1). Kunjungan itu dilakukan setelah beberapa pekan lalu dibentuk. Tujuannya, memperat silaturrahmi sekaligus membicarakan terkait potensi-potensi bencana alam di Kabupaten Sampang.

Ketua FPRB Sampang Hasan Jailani mengungkapkan, dalam kunjungan ke kantor BPBD pihaknya juga membicarakan masalah kebencanaan. Termasuk mengevaluasi kejadian banjir yang sempat melanda sebagian daerah di kabupaten Sampang.


“Kami hanya silaturahmi dan tidak menghilangkan fungsi untuk tetap membicarakan masalah bencana bersama BPBD di Kabupaten Sampang,” ungkap pria yang akrab disapa tretan mamak itu.

Kunjungan yang dilakukan, lanjut dia, merupakan awal perjuangan FPRB Sampang dengan tetap menjadi mitra positif pemerintahan daerah. Tak hanya itu, dalam menguatkan FPRB pihaknya akan melakukan pendekatan hubungan baik dengan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Bahari.

“Kami terus akan melakukan loncatan yang baik, pendekatan pada stakeholder yang ada supaya lebih kuat dan bersama berjuang dalam mengurangi resiko bencana, serta membantu sesama,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sampang Asroni mengatakan, FPRB merupakan mitra positif pemerintah dalam membantu dan mengawal segala bencana yang terjadi di Kabupaten Sampang.

“Kami membicarakan strategi mengurangi resiko bencana di Kabupaten Sampang,” jelasnya.

Asroni menambahkan, pertemuan tersebut juga membicarakan mengenai FPRB yang akan segera disahkan sebagai lembaga baru yang fokus pada penaggulangan bencana. “Selain membicarakan bencana, kami juga bicara bagaimana BPBD dan FPRB tetap menjadi mitra yang baik serta segera dibentuk draf program kerjanya untuk membuat surat keterangan sahnya,” tutup Asroni. (ALIM/BAD)