Tingkatkan Kemajuan Desa, DPMD Sampang Gelar Pelatihan Pengembangan SDM

0
50
Kepala DPMD Sampang Malik Amrullah (dua dari kanan) hadir di acara Pelatihan PSDM Cluster I (11-12/9) di Hotel Camplong. (Foto: Istimewa)

maduraindepth.com – Guna mendorong optimalisasi pembangunan desa melalui Dana Desa, Kementerian Desa PDTT sejak tahun 2017 meluncurkan Program Inovasi Desa (PID). Program ini lahir karena banyak desa dianggap belum memiliki kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama kapasitas aparatur desa dan masih lemah dalam kemampuan tata kelola desa.

Program yang bakal menerjunkan tenaga pendamping ini bermaksud membantu aparat desa dan warga desa mempercepat peningkatan kesejahteraan desa.

Untuk mendukung peningkatan kapasitas SDM di 180 desa di Kabupaten Sampang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(DPMD) Sampang melalui Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan menggelar Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Cluster I selama dua hari, Rabu – Kamis (11-12/9/2019) di Hotel Camplong.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang Malik Amrullah menyampaikan, kegiatan Pelatihan PSDM Kabupaten Sampang Tahun 2019 ini, merupakan bagian dari tahapan Program Inovasi Desa yang bertujuan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa dalam hal memenuhi kebutuhan dasar di bidang kesehatan terutama bagaimana peran desa dalam Konvergensi Pencegahan Stunting.

“Kebutuhan ini seperti memberikan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif di bidang Pemberdyaan masyarakat Desa,” ujarnya.

Malik berharap dengan adanya pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Kabupaten Sampang tahun 2019 ini sebagai titik awal untuk kemajuan desa kedepan sehingga menjadi desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

“Semoga kegiatan ini dapat mendorong desa menjadi lebih maju, mandiri dan sejahtera demi terwujudnya Sampang Hebat dan Martabat,” ucapnya.

Sekedar diketahui, pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) dibagi 4 cluster. Yakni Cluster I meliputi kecamatan Ketapang, Banyuates dan Sokobanah. Cluster II Kecamatan Omben, Pangarengan dan Kedungdung. Cluster III Kecamatan Jrengik, Torjun, Robatal dan Tambelangan. Sedangkan Cluster IV meliputi kecamatan Sampang, Camplong, Sreseh dan Karang Penang. (AW)