Tiga Tips Kuasai Public Speaking dari Ustadz Fauroq Al Makki

Public speaking
Ustadz Fauroq Al Makki memberi materi public speaking kepada peserta program bimbingan dan studi kemasyarakatan, di Lingkungan Meydina, Sampang, Ahad (5/5). (Foto: IST)

maduraindepth.com – Ikatan Keluarga Besar Al-Amien Prenduan (IKBAL) Bakorda Sampang menghadirkan Ustadz Fauroq Al Makki dalam program bimbingan dan studi kemasyarakatan, Ahad (5/5). Pria yang aktif sebagai model itu memberikan tiga tips untuk mudah menguasai public speaking kepada 13 santri Al-Amien Prenduan yang menjadi peserta bimbingan.

“Public speaking adalah berbicara di depan umum. Semua orang bisa berbicara di depan umum  tapi tidak semua pembicara di terima oleh audiennya,” terang pemateri yang akrab disapa ustadz Faqi saat mengisi bimbingan di lingkungan Meydina Sampang itu.

Ustadz Faqi kemudian memberikan tiga tips bagaimana menguasai audiens. Tips pertama, adalah memiliki wawasan yang cukup. Tips kedua, memiliki penampilan yang baik. Kemudian ketiga, adalah menjaga etika.

“Dalam hidup kita harus mempunyai etika. Etika itu penting! Walaupun kita mempunyai banyak kelebihan, tapi kita tidak punya etika maka tidak ada gunanya” papar Ustadz Faqi yang juga alumni Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan itu.

Pria asal Sampang tersebut juga mengingatkan kepada peserta bimbingan untuk senantiasa menjaga penampilan dan mempraktekkan apa yang sudah dia sampaikan. “Saya mau kalian praktek untuk memperkenalkan diri dengan bagus, tegap, dan tidak lemas, agar mental kalian terlatih dari sekarang,” ingatnya.

Sebelum menutup materinya, Ustadz Faqi kemudian berpesan agar para santri berani dalam mencoba dan berkreasi. “bukan kesulitan yang membuat kita takut, tapi justru ketakutan yang membuat kita sulit. Jangan lupa ketika kita mendapat informasizl, jangan langsung di share tapi di sharing dulu.” tutupnya.

Baca juga:  Pemkab Sumenep Kirim 10 Pekerja ke Kaltim, Kepala Disnaker: Untuk Uji Coba

Sementara itu, Owner Meydina Group sekaligus Bendahara IKBAL Bakorda Sampang H Mat Saini Kembali menyampaikan terima kasih kepada pihak Ponpes Al-Amien Prenduan yang telah memberikan kepercayaan kepada IKBAL Bakorda Sampang dalam menggelar bimbingan tersebut.

“Santri yang dititipkan di sini tidak hanya mendapatkan motivasi tapi juga mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dari berbagai macam profesi,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua IKBAL Bakorda Sampang H Imam Ghozali menyampaikan terima kasih kepada para pemateri yang telah meluangkan waktu untuk berbagi pengalaman dengan para santri. “Selain menjadi sarana berbagi wawasan, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmu baik sesama alumni maupun dengan peserta bimbingan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *