Tak Berizin, Kiriman Sampah Surabaya Menguntungkan Warga Banujih

0
32
Ilustrasi. (Madura Indepth/Muhlis)

maduraindepth.com – Tumpukan sampah di Dusun Batu Karang Desa Bunajih Kecamatan Labang, mulai menggunung. Berdasarkan keterangan warga, kiriman sampah berasal dari salah satu pusat perbelanjaan di Kota Surabaya.

Kepala Desa Bunajih Samsul Arifin mengatakan, pihaknya tidak pernah merasa memberi izin, lokasi tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah. Bahkan secara pribadi, dia tidak pernah didatangi pihak terkait untuk berkomunikasi.

“Saya hanya mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada truk membawa sampah, tapi untuk izin resminya belum ada,” kata Arifin.

Pada dasarnya, dia tidak mempermasalahkan. Hanya saja sampah yang dibuang ke desanya harus mendapatkan izin resmi. Menurutnya, kirimin sampah tersebut mulai dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar. Artinya barang bekas yang sekiranya dapat dijual, mereka jual untuk dijadikan penghasilan.

Sementara itu, Camat Labang Mahfud berharap pihak pembuang sampah segera mengurus izin. Dia pun tidak menolak adanya pembuangan sampah selagi dapat dimanfaatkan warga.

“Ya saya berharap dapat segera mengurus izinnya, kalau misal izin keluar, ya monggo saja. Kami tidak akan menolak selama sampah dapat membantu perekonomian masyarakat,” singkatnya .

Maryamah salah satu warga desa Bunajih mengaku bersyukur dengan adanya sampah itu. Sebab, dia bisa membantu perekonomian keluarga dengan mengais botol plastik.

“Saya sebelumnya tidak memiliki pekerjaan, dari adanya sampah ini saya bisa menukar sampah plastik ini ke tengkulak dan membantu suami untuk mencari nafkah,” tandasnya. (NR/MI)