Siapkan Generasi Enterpreuner, MIN Sampang Gelar Pesta Wirausaha

Kepala MIN Sampang Abd Hayyi (baju Sakera), mendampingi Kepala Kemenag dan Kepala BAZNAS Sampang pada Ajang Kreasi Siswa Pesta Wirausaha, Rabu (11/11). (AH/MI)

maduraindepth.com – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sampang menggelar ajang kreasi siswa pesta wirausaha dengan tema “Menyiapkan Generasi Enterpreuner”. Bertempat di halaman MIN Sampang, Rabu (11/11), acara ini didukung oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sampang.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kemenag Sampang, H. Pardi, Kepala BAZNAS Sampang H. Faidol Mubarok, Kasi Pendma Mawardi, PPI Kecamatan Sampang dan sejumlah tamu undangan lainnya.


Kepala MIN Sampang Abd Hayyi mengatakan, pada pesta wirausaha yang dilaksanakannya terdapat 7 stand. Masing-masing stand memamerkan hasil kreasi siswa-siswi MIN Sampang.

“Melalui kegiatan ini kami memberikan kesempatan untuk meningkatkan pendidikan karakter kepada siswa,” ucapnya.

Dijelaskan, ada 3 karakter siswa yang digali potensinya. Pertama, terang Hayyi, karakter wirausaha, kedua bagaimana anak berani menjual dagangannya dan ketiga, bagaimana siswa ini menghitung berapa keuntungan yang didapat dari hasil usahanya.

“Berikutnya dari keuntungan ini bagaimana siswa bisa menyisihkan untuk kegiatan sosial,” jelasnya.

Sementara, Kepala Kankemenag Sampang H. Pardi mengaku sangat bangga bisa menyaksikan anak-anak MIN Sampang berkreasi. Meskipun usia tingkat ibtidaiyah, namun sudah mampu membuat racikan makanan dan kerajinan. “Ini adalah bukti anak-anak kita siap menatap masa depan,” tukasnya.

Ia berharap, kedepan siswa-siswi MIN Sampang semakin maju, kreatif dan inovatif. Sehingga nantinya siap untuk masuk ke lapangan kerja.

Baca juga:  Grand Final Kacong tor Cebbing Sumenep 2019 Sebentar Lagi, Ini Audisinya

“Selamat dan sukses untuk seluruh civitas akademika MIN Sampang,” ucap Pardi.

Hal senada juga disampaikan Kepala BAZNAS Sampang H. Faidol Mubarok. Menurutnya, kegiatan pesta wirausaha yang dilakukan oleh MIN Sampang bisa menginspirasi lembaga-lembaga lain di Sampang.

Kegiatan kewirausahaan, kata Faidol, harus diciptakan mulai sejak dini. Sebab, lanjut dia, pada masa usia emas (golden age) merupakan momentum mengamankan semangat enterpreuner agar Indonesia semakin maju.

“Mudah-mudahan kedepan kerjasama BAZNAS Sampang bisa terus berjalan dengan baik dan bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk Sampang tetap bermartabat,” ucap Faidol. (AW)