Satgas Covid-19 Sampang Siapkan BLK Jadi Tempat Karantina ODP

Kepala Dinkes Sampang, Agus Mulyadi bersama Satgas Covid-19 Sampang di ruangan BLK, Jum'at 27 Maret 2020. (Rif/MI)

maduraindepth.com – Satgas Covid-19 Kabupaten Sampang menyiapkan Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai tempat karantina bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP). Hal ini disampaikan oleh Agus Mulyadi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sampang, saat ditemui maduraindepth.com di BLK Sampang, Jum’at (27/3).

Didampingi sejumlah anggota Satgas Covid-19 Kabupaten, Agus Mulyadi mengecek seluruh ruangan BLK. Penyiapan ruang karantina atau isolasi bagi ODP sebagai antisipasi pencegahan penyebaran pandemi virus corona di Kabupaten Sampang.


“Kami sudah siapkan baik tenaga, sarana dan prasarananya. RSUD Sampang bukan merupakan rumah sakit rujukan, sehingga BLK menjadi tempat alternatif sebagai ruangan karantina,” jelasnya.

Dijelaskannya, Rumah Sakit Sampang hanya menjadi backup saja, apabila tidak dapat tertangani di Sampang maka akan dirujuk di rumah sakit rujukan. “Kapasitas kamar isolasi akan ditempati 2 orang, Insya Allah cukup kalau hanya untuk lingkup kabupaten,” katanya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, kapasitas ruangan isolasi atau karantina bagi ODP bisa mencapai lebih 30 orang, dengan total 17 kamar yang akan difungsikan. Pihaknya berjanji akan segera mengisolasi ODP setelah tenaga, sarana dan prasarana sudah dipersiapkan.

“Mungkin besok atau lusa sudah selesai dipersiapkan. Di ruang isolasi kami akan tetap melakukan pegawasan, kalau sembuh akan dipulangkan, kalau tidak dapat tertangani maka akan segera dilakukan rujukan ke rumah sakit rujukan,” terangnya.

Baca juga:  Disdik Sumenep Pastikan USBN Tingkat SMP Berbasis IT

Sementara itu, Kepala Bidang Ketenagakerjaan Pemkab Sampang, Moh. Sahril, membenarkan beberapa ruang di BLK akan difungsikan sebagai tempat karantina bagi ODP. Masing-masing kamar akan diisi 2 orang.

“Rencana hari ini, tapi kami belum siap karena ruangan tersebut harus kami sekat terlebih dahulu. Kami masih akan lakukan pembahasan dahulu terkait kesiapannya,” ucap Sahril.

Seperti diketahui, berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Kabupaten Sampang per tanggal 26 Maret 2020, pukul 15.00 wib kemarin, jumlah ODR 1357, ODP 50, PDP 0 dan positif 0.(RIF/AW)