Besok, Vaksin Covid-19 Tiba di Bangkalan

440
Vaksin Covid-19 Bangkalan
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo. (FOTO: Suryadi/MI)

maduraindepth.com – Vaksin covid-19 akan segera tiba Bangkalan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang semakin masif di kota dzikir dan sholawat. Hal itu dijelaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo.

Dia menyampaikan, bahwa Minggu ini vaksin yang didistribusikan pemerintah akan tiba di Madura ujung barat. “Kemungkinan besok atau lusa. Namun barangnya sudah ada di provinsi tapi jumlahnya terbatas, kabupaten mana yang dapat kita belum tahu juga,” ujarnya dikonfirmasi melalui sambungan seluler, Senin (11/1).


Dijelaskan, vaksinasi pertama-tama akan dilakukan terhadap kepala daerah dan Forkopimda untuk dijadikan sampling bahwa vaksin covid-19 tidak berbahaya. Menurut pria asal Blega itu, secara simbol yang akan dilakukan vaksinasi adalah bupati Bangkalan (R Abdul Latif Amin Imron), Forkopimda, Sekda, Kepala Dinkes, Direktur RSUD.

“Sepuluh orang nanti yang akan dilakukan vaksinasi dan tokoh masyarakat,” ujarnya.

Sudiyo juga berharap terhadap masyarakat agar tenang dan jangan gelisah dengan isu-isu yang menyebutkan vaksin Covid-19 berbahaya. Pihaknya meminta masyarakat untuk memerhatikan terlebih dahulu, pasalnya yang akan dilakukan vaksinasi awal adalah nakes dan pucuk pimpinan, masyarakat masih lama.

“Kalau ada risiko misalnya kejang, dan meninggal yang kena itu bupati dan saya terdahulu. Vaksin itu sebelum diberikan terhadap masyarakat sudah dilakukan pengkajian ilmiah yang mendetail oleh para ahli di kementrian oleh doktor dan profesor dan simpulan aman digunakan oleh masyarakat di Indonesia ” terangnya.

Baca juga:  Pengisian JPT Tunggu Putusan KASN, Bupati Sumenep: Pokoknya Ada

Menurut Sudiyo, vaksinasi ini adalah salah satu cara yang terbaik untuk mengurangi laju sebaran Covid-19 yang semakin hari semakin masif. “Pemerintah pasti berbuat yang terbaik untuk rakyatnya,” tandasnya. (SA/MH)