RSUD Abuya Kangean Butuh Empat Dokter Spesialis

RSUD Abuya Kangean
Petugas berada di ruang IGD RSUD Abuya Kangean, di Kecamatan Arjasa, Sumenep, Rabu (16/9). (Foto: Dok. MI)

maduraindepth.com – Selain menggenjot pembangunan infrastruktur, pemenuhan tenaga medis rumah sakit umum daerah (RSUD) Abuya Kangean juga masih terus dilakukan. Rumah sakit yang terletak di Kecamatan Arjasa Pulau Kangean Sumenep itu kini memiliki sebanyak 78 tenaga medis.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep Nur Insan menyebut, 78 tenaga medis itu terdiri dari dokter umum, dokter gigi, analis farmasi, perawat, rekam medik, dan tenaga kesehatan lainnya.


Insan mengatakan, tenaga medis yang diharapkan untuk rumah sakit tipe D ini ke depan yakni dokter spesialis. Meliputi dokter spesialis dasar, seperti dokter penyakit dalam, kandungan, bedah, dan anak.

”Mudah-mudahan kebutuhan tenaga kesehatan ini bisa segera terpenuhi,” harapnya, Selasa (6/10).

Untuk sarana, kata Insan, sudah ada. Termasuk infrastruktur sampai saat ini pemerintah daerah terus melakukan upaya pemenuhan kebutuhan tersebut. Mengenai ketersediaan alat kesehatan, dia mengklaim pemerintah sudah mempersiapkan.

”Diantaranya 100 tempat tidur rawat inap, radiologi, USG, alat operasi dan yang lain-lain sudah kami sediakan,” ujar Insan.

Dia menambahkan, saat ini pelayanan yang dibuka di RSUD Abuya Kangean masih khusus untuk penanganan pasien Covid-19. Dengan kata lain, belum beroperasi sepenuhnya.

”Kalau pelayanan IGD, poli umum, KIA, dan gigi sudah ada. Termasuk rekam medik,” tandasnya. (*/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here