Ridwan Kamil Dukung Syaikhona Kholil Jadi Pahlawan Nasional

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menaburkan bunga di makam Syaikhona Kholil, di Martajasah, Bangkalan, Madura, Kamis (20/1). (Foto: Prokopim Bangkalan)

maduraindepth.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung pengusulan gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil. Hal ini disampaikannya saat berziarah ke makam ulama besar tersebut di Martajasah, Bangkalan, Madura, Kamis (20/1) lalu.

Gubernur yang akrab dipanggil Kang Emil itu mengatakan, Syaikhona Kholil Bangkalan merupakan sosok guru besar yang banyak melahirkan ulama besar. Salah satunya KH Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU).


“Sudah selayaknya jasa-jasa beliau mendapatkan penghargaan dan apresiasi,” ujarnya.

Menurutnya, wisata religi Syaichona Kholil memliki nilai ekonomi yang tinggi. Banyak peziarah dari penjuru negeri yang berkunjung ke makam Syaikhona Kholil. Bahkan, ketikan bulan maulid, warga Jawa Barat yang berziarah jumlahnya bisa mencapai puluhan bus.

“Karena itu pembangunan wisata religi ini perlu ditata dengan baik sehingga memberikan nilai ekonomi, terutama bagi masyarakat termasuk sektor UMKMnya,”¬† jelasnya.

Sementara itu Bupati Abdul Latif Amin Imron mengatakan, kunjungan Ridwan Kamil selain berziarah juga bersilaturahmi dengan para tokoh ulama di Kabupaten Bangkalan. Menurut Ra Latif, sapaan karibnya, ada beberapa hal yang didiskusikan, terutama terkait masalah keagamaan, pondok pesantren serta pemberdayaan masyarakat.

“Melalui diskusi ini diharapkan nantinya ada program-program yang dapat membangun Bangkalan lebih maju,” katanya.

Didampingi Bupati Ra Latif, Ridwan Kamil juga menyempatkan melihat beberapa produk lokal dan menikmati kuliner sate khas Madura yang dijual oleh pedagang kaki lima di sekitar pesarean Syaikhona Kholil. (*/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here