Pilkades PAW Gunung Maddah Sampang Ricuh

0
510
Aksi salah satu saksi calon kepala desa saat memecahkan kotak suara. (Foto: Mukhlis)

maduraindepth.com – Pemilihan Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Gunung Maddah Kecamatan Sampang Kota, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, periode 2019 – 2022 berakhir ricuh. Peristiwa terjadi pada saat penghitungan suara berlangsung, Rabu (27/3/2019).

Hal itu disebabkan karena salah satu saksi dari Calon Kepala Desa (Cakades) mengamuk lantaran tidak terima dengan hasil pencoblosan dan penghitungan suara.

Ada dua calon kepala desa (Cakades) yang maju dalam pemilihan Kades PAW Gunung Maddah. Nomor urut 1 adalah Soekandar sedangkan nomor urut 2 Moh. Saleh.

Salah satu warga setempat, Birrul Walidain mengatakan, dalam Pilkades PAW total surat suara sebanyak 72.

Dijelaskan Walid, pada saat penghitungan hampir selesai saksi dari salah satu Cakades mengambil sikap dengan cara memecahkan box kotak suara yang terbuat dari kaca. Akhirnya, kericuhan tidak terhindarkan dan penghitungan dihentikan.

“Saat box kotak suara dipecahkan, Soekandar memperoleh 33 suara. Sementara Moh. Saleh memperoleh 36 suara. Kemudian suara yang tidak sah hanya 1 suara dan 2 surat suara belum sempat dihitung,” terang Walid kepada maduraindepth.com, Rabu (27/3/2019).

Untuk menyelesaikan persoalan Pilkades PAW ini, panitia dan pihak Kecamatan Kota mengambil alih untuk melakukan penghitungan ulang surat suara.

“Saat ini belum selesai dan masih proses dan berlangsung. Ini kan ranahnya P2KD, silahkan konfirmasi ke mereka karena kami sebatas menjembatani,” singkat Malik Amrullah Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sampang.

Hingga berita ini diterbitkan, penghitungan ulang di aula kantor Kecamatan Jalan Jaksa Agung Suprapto masih belum dilaksanakan dan Hafifuddin Panitia Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (P2KD-AW) belum dapat dikonfirmasi. (mk/ns)