Puskesmas Kedungdung Direhab, Zahruddin: Layanan Akan Dipindah Sementara

Suasana di bagian Resepsionis Puskesmas Kedungdung Bersinar yang baru dilakukan pembenahan beberapa waktu lalu. (FOTO : Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Meski telah dilakukan perubahan secara signifikan terhadap sejumlah ruangan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kedungdung, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang. Kepala Puskesmas Kedungdung, Zahruddin terpaksa harus merelakan tempat kerjanya itu dibangun ulang oleh pemerintah setempat, Ahad (25/1).

Rencananya, pembangunan ulang atau rehabilitasi gedung itu akan dilaksanakan pada tahun ini melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).


Zahruddin mengatakan, dengan adanya rehabilitasi gedung Puskesmas Kedungdung ini pihaknya mengaku cukup senang, karena setelah direhab nantinya tampilan Puskesmas Kedungdung akan lebih bersinar. Namun kata dia, dari rehab itu terdapat beberapa ruangan yang menurutnya lebih baik dari ruangan saat ini.

“Misalkan IGD, bangunan yang nanti dibangun untuk IGD tidak seluas ruangan saat ini,” katanya.

Dalam memberikan pelayanan di IGD Puskesmas Bersinar, ucap Zahruddin, pihaknya membutuhkan ruangan yang cukup luas dan nyaman. Karena menurutnya, ruangan yang nyaman akan mempengaruhi spikis pasien.

“Sebenarnya saya berharap yang direhab hanya bangunan yang bagian belakang saja,” tambahnya.

Untuk pelaksanaan rehab Puskesmas Kedungdung nantinya, Zahruddin mengaku saat ini sedang mencari tempat untuk pemindahan layanan kesehatan untuk sementara waktu hingga proses rehab selesai.

Terkait hal itu, terdapat dua lokasi yang sudah dilirik olehnya untuk tempat pemberian layanan sementara. Bahkan Zahruddin mengaku telah meninjau kedua lokasi tersebut.

Baca juga:  Di Sampang Kasus Positif Corona Menanjak, Puskesmas Kedungdung Datangi ODP dan Beri Bantuan

“Mungkin nanti kita sewa Balai Desa Kedungdung atau di MWCNU yang nantinya akan dijadikan sebagai Klinik NU MWCNU,” tuturnya.

Selain itu, kata Zahruddin, untuk bagian depan Puskesmas Kedungdung Bersinar pihaknya sudah melakukan banyak perubahan paska diterbitkannya SK Sebagai Kepala Puskesmas (Kapus) Kedungdung. Dia mengurai diantaranya, bagian Customer Service (CS), Ruang Unit Gawat Darurat (IGD), Ruang Aula, Poned, dan Ruang Kapus.

“Ya mau gimana lagi, eman saja kalau dibongkar. Sudah kadung bagus,” ucapnya. (RIF/MH)