PMI yang Tiba di Sampang Langsung Dijamu oleh Pemerintah Daerah

PMI Sampang
PMI asal Sampang saat dalam perjalanan menuju Kota Bahari. (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Kedatangan ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sampang menjelang lebaran idul fitri tahun ini mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah setempat.

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sampang langsung menyediakan makanan siap saji untuk ratusan PMI yang datang dari negara rantau itu.


Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sampang Fadeli, melalui Kabid Perlindungan dan Pelayanan Sosial Dinsos dan PPPA Erwin Elmi Syahrial menyampaikan, jumlah makanan siap saji yang disiapkan disesuaikan dengan jumlah PMI yang akan tiba di Kota Bahari.

Sebab itu, untuk menjamu PMI ini pihaknya selalu berkoordinasi dengan instansi yang memiliki kewenangan soal kepulangan PMI tersebut. Yakni DPMPTSP dan dinas ketenagakerjaan setempat.

“Kami sediakan makanan yang siap untuk dimakan, biasanya mereka datang menjelang magrib sekalian berbuka puasa,” ujarnya kepada maduraindepth.com, Jumat (7/5).

PMI Sampang
Kabid Perlindungan dan Pelayanan Sosial Dinsos PPPA Sampang Erwin Elmi Syahrial di ruang kerjanya, Jumat (7/5). (FOTO: Alimuddin/MI)

Erwin menegaskan, selama para PMI masih berada di tempat penampungan, gedung Balai Latihan Kerja (BLK), pemerintah daerah memenuhi kebutuhan mereka.

“Jumlah kedatangannya gak sama, jadi kami menyediakan sesuai dengan data yang ada,” jelasnya.

Ihwal sebab pemulangan mereka pihaknya tidak bisa berkomentar. Sebab menurutnya hal ini bukan wewenang Dinsos Sampang.

“Karena tugas dan fungsi kami hanya menyediakan makanan untuk petugas dan PMI yang datang. Sudah ada petugas masing-masing soal ini,” terangnya.

Baca juga:  Kedatangan PMI Diprediksi Berakhir Bulan Juli, Sekarang 1.682 Orang Tiba di Sampang

Menurut Erwin pihaknya hanya bertugas memberi makanan kepada para PMI. Itupun untuk peningkatan pelayanan Dinsos Sampang agar masyarakat merasa nyaman dan terbantu.

“Kami akan selalu membantu masyarakat jika memang membutuhkan, apalagi seperti urusan PMI yang datang, pastinya kami menyediakan fasilitas untuk mereka,” pungkasnya. (Alim/MH)