Peringati HSN 2021, ASN Kemenag Sampang Gunakan Pakaian Ala Santri

Kepala Kemenag Sampang, H. Pardi saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/10). (Foto : Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Menyambut perayaan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang akan mengikuti pelaksanaan upacara bendera HSN bersama Kementerian Agama Republik Indonesia via zoom dengan memakai pakaian ala santri.

Himbaun tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor 25 tahun 2021 Menteri Agama Republik Indonesia tentang pelaksanaan upacara bendera peringatan santri dengan jargon “Santri Siaga Jiwa Raga”.


Kepala Kemenag Sampang H. Pardi mengatakan, kaum sarungan atau budaya menggunakan sarung memang identik dengan santri dan kiai. Tak terkecuali untuk Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober 2021 ini.

“Sesuai SE nomor 25 tahun 2021 Kemenag RI, tentang pelaksanaan upacara bendera peringatan hari santri, salah satu pointnya peserta upacara menggunakan sarung, atasan putih, berpeci hitam khusus laki-laki. Perempuan dapat menyesuaikan,” ujarnya. Kamis (21/10).

Menurutnya, Kemenag Sampang dengan perayaan HSN 2021 menginginkan santri mampu menunjukan eksistensinya sebagai perekat bangsa yang berbhineka tunggal ika dengan semboyan utamanya NKRI harga mati.

“Harus menjadi pelopor yang mampu menggerakkan masyarakat untuk berbuat kemaslahatan dan manfaat demi keberkahan dalam hidup di dunia dan akhirat,” ucap H. Pardi.

Lanjut Pardi, dengan santri siaga jiwa raga, peringatan HSN 2021 harus mampu merefleksikan santri supaya selalu memotivasi diri, keluarga dan lingkungan hidupnya.

Baca juga:  Sapudi Gugusan Pulau Kecil di Madura yang Mempesona

“Munculkan kebermanfaatan dalam hidup di masyarakat dan bisa mengayomi. Santri juga harus menjadi penerang kegelapan,” harapnya. (Alim/Aw)