Penyaluran Bansos BST dan BPNT di Sampang Ditunda

Bansos Ditunda
Kantor POS Indonesia Cabang Sampang. (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kabupaten Sampang ditunda. Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Pos Cabang Sampang Edy Wijono, Senin (15/3) kemarin.

Edy mengatakan, penundaan tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Kementerian Sosial (Kemensos) RI Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Wilayah III.


“Untuk BST Tahap 12 harusnya awal Maret bisa dilaksanakan, untuk BST tahap 13 April juga harus dilaksanakan,” katanya.

Edy menjelaskan, penundaan itu menindaklanjuti perihal hasil rapat persiapan data clean untuk penyaluran Bansos program sembako dan BST pada tanggal 3 Maret 2021 yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah III Kemensos RI.

Dalam hasil rapat itu disampaikan hal-hal yang mana pada saat ini sedang dilaksanakan validasi data NIK dan nama KPM oleh tim data bansos Kemensos atas data KPM program sembako atau BPNT dan BST tahun 2021.

“Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah Ill belum dapat memproses pengajuan dana bantuan sosial program sembako (BPNT) dan BST bulan Maret 2021 disebabkan masih menunggu penerimaan data perbaikan,” kata Edy.

Berkenaan dengan keterlambatan tersebut, sambung Edy, Kepala Dinsos Kabupaten/Kota diminta berkoordinasi dengan Bank Himbara Cabang untuk menginformasikan kepada e-Warung, agar tidak menyiapkan terlebih dahulu bahan pangan pokok yang biasa ditransaksikan oleh penerima Bansos atau KPM.

Baca juga:  PDAM Sampang Lakukan Perbaikan Kerusakan Pipa Air di Jalan Bahagia

“Untuk selanjutnya, informasi penyaluran BPNT dan BST akan disampaikan kepada Dinsos kabupaten/kota. Dana bantuan sudah diproses ke kuasa bendahara umum negara atau kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN),” tandasnya. (RIF/MH)