Pemdes Mandangin Dukung Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting di Desa

Pemdes Mandangin
Pemdes Mandangin bersama stakeholder melakukan pertemuan soal akselarasi penurunan dan pencegahan stunting tingkat Desa di Kabupaten Sampang. (Foto : Pemdes Mandangin for MI)

maduraindepth.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Mandangin, Kecamatan/Kabupaten Sampang mendukung langkah pemerintah daerah dengan melakukan pertemuan akselarasi penurunan dan pencegahan stunting tingkat Desa, Rabu (10/11).

Acara yang berlangsung di Balai Desa Pulau Mandangin itu dihadiri Dinkes Sampang, bersama tim penggerak PKK Kabupaten, beberapa OPD terkait, tokoh agama dan masyarakat, kepala sekolah tingkat PAUD sampai SMK serta perangkat desa setempat.


Kepala Desa Pulau Mandangin Saiful Anam mengatakan, pertemuan tersebut akan sangat bermanfaat dan memiliki nilai positif terhadap pengembangan kualitas setiap kader-kader posyandu di Desa Pulau Mandangin.

“Pertemuan ini untuk memberikan pemahaman lebih kepada stakeholder, juga menekan percepatan penurunan angka stunting di Desa,” ujarnya.

Orang nomor satu di Pulau Mandangin itu menegaskan, dari awal pihaknya menekankan kepada kader posyandu, Nakes dan ibu-ibu PKK untuk ikut berupaya mengurangi angka stunting.

“Mulai 2019 sampai saat ini sudah saya tekankan, angka stunting di desa harus diminimalisir. Jadi bagi Nakes untuk melakukan aktivitas imunisasi di setiap posyandu yang ada,” ucap Saiful Anam.

Tak hanya itu, dia memastikan pasca pertemuan tersebut nantinya para kaum hawa akan diberi pembinaan agar memahami bahaya stunting terhadap diri sendiri dan anak.

“Cara Pemdes Mandangin mengurangi angka stunting, dengan mengumpulkan ibu-ibu dan anaknya supaya dikasih asupan gizi atau tambahan makanan,” pungkasnya. (Alim/BAD)