Pansus DPRD Sampang Akan Panggil Gugas Covid-19 dan TAPD

Moh Iqbal Fathoni, Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sampang. (AW/MI)

maduraindepth.com – Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 yang dibentuk oleh DPRD Sampang dalam waktu dekat akan memanggil Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten. Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) juga akan dipanggil.

Ketua Pansus Covid-19 Moh Iqbal Fathoni mengatakan, pada tanggal 24 Juni besok pihaknya akan memanggil TAPD untuk membahas refocusing anggaran Corona Virus Desease 19 (Covid-19). Sebab, kata Fafan, sapaan akrabnya, ketika pembahasan dengan Banggar beberapa waktu lalu, penggunaan anggaran tiap-tiap OPD tidak jelas.


“Tanggal 25 kita panggil Gugus Tugas (Gugas) Covid-19 tentang penanganan kesehatannya. untuk Bansos jadwalnya menyusul,” kata anggota DPRD dari PPP ini via sambungan selular, Minggu (21/6).

Fafan menjelaskan, ada tiga fokus yang menjadi pembahasan Pansus Covid-19, pertama soal refocusing penggunaan anggaran Covid-19, kedua kesehatan mulai dari ODP, PDP dan pasien terkonfirmasi positif dan ketiga tentang bantuan sosial (bansos).

“Tiga fokus utama tadi termasuk soal tenaga kesehatan (nakes) yang sekarang menjadi isu hangat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, berkaitan dengan pemanggilan TAPD dan Gugus Tugas Covid-19, Senin besok Pansus akan mengirim dua surat kepada pihak terkait, yaitu surat permintaan data pasien mulai dari OPD, PDP dan Positif. Selanjutnya, kata Fafan, surat pemanggilan kepada TAPD dan Gugus Tugas Covid-19.

“Besok surat permintaan data dan pemanggilan akan dikirim,” tandasnya.

Baca juga:  Bupati Pamekasan Dilaporkan Ke Polisi

Dibentuknya Pansus Covid-19, ucap Fafan, sebagai fungsi pengawasan DPRD terhadap penanganan Covid-19 di Kabupaten Sampang, sehingga penanganan dan penggunaan anggarannya jelas dan tepat sasaran.

“Saat anggaran banyak namun yang terpapar Covid-19 banyak. Jangan-jangan polanya yang salah. Karena itu kita perbaiki bersama. TargetĀ yang utama adalah bagaimana Covid-19 ini cepat selesai, itu saja,” tutupnya. (AW)