banner auto
banner auto

Pameran Karya Seni Ala Komunitas Perupa Sampang

Pameran seni KPS
Para anggota Komunitas Perupa Sampang foto bersama usai pameran karya yang digelar di Gedung Dekranasda, Senin (26/12). (Foto: KPS for MID)

maduraindepth.com – Komunitas Perupa Sampang (KPS) kembali menggelar Pameran Titik Balik dengan tema ‘Saatnya Melihat ke Bawah’. Pameran karya itu merupakan agenda terakhir dari KPS di 2022 dan di jadikan refleksi untuk agenda tahun 2023 mendatang.

Pameran yang dilaksanakan di Gedung Dekranasda Sampang itu diikuti 23 Seniman dengan 350 karya dalam beragam aliran dan teknik yang ditampilkan. Dijadwalkan, pameran akan berlangsung mulai 25 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023.

banner auto

Ketua KPS, Chairil Alwan mengatakan, kegiatan kali ini berbeda dengan pameran-pameran sebelumnya. Sebab pada pembuka pameran diawali dengan acara diskusi tentang perkembangan dan perhatian masyarakat serta pemerintah terhadap keberadaan seniman seni rupa.

“Tema ‘Saatnya Melihat ke Bawah’ oleh rekan-rekan seniman disimbolkan dengan cara penataan karya yang ditata di bawah lantai, disamping diwujudkan dalam karya-karyanya,” papar Chairil, Senin (26/12).

Dia menjelaskan, Pameran Titik Balik tersebut sebagai ajakan moral dan membukakan wawasan, bahwa seni tidak pernah mengajarkan dikotomi akan seniman daerah atau seniman kota. Karena, lanjut dia, seni bicara tentang estetika.

Melalui pameran tersebut, KPS juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mulai menghargai keberadaan seniman daerah. Sebab, ide-ide dan karya seniman daerah khususnya di Sampang memiliki kualitas yang tidak kalah dengan seniman-seniman kota besar lainnya.

Baca juga:  Kemeriahan STAIDHI Open Turnamen Drumband di Bangkalan

“Semoga di 2023 menjadi momentum tumbuhnya rasa bangga dan percaya diri akan kemampuan atau potensi yang dimiliki seniman Sampang,” harapnya. (AW/*)

Dapatkan Informasi Terkini Di Sini

banner auto banner auto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info