Sumenep Siapkan Produk Unggulan untuk Pameran Apkasi Tingkat Nasional

pameran apkasi produk unggulan sumenep
Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah (tengah) didampingi Kepala Diskop UKM Perindag menghadiri acara pameran Dekranas Jatim, di Surabaya, Minggu (12/5). (Foto: Diskop UKM Perindag Sumenep for MID)

maduraindepth.com – Kabupaten Sumenep akan mengikuti pameran tingkat nasional pada tanggal 10-12 Juli nanti. Acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu, akan menampilkan produk unggulan dari berbagai daerah.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Sumenep Idham Halil mengungkapkan, berbagai persiapan mulai dilakukan. Kata dia, instansinya sedang memassifkan komunikasi dengan berbagai pihak untuk menjaring produk unggulan yang akan ditampilkan.

Acara bertajuk Apkasi Otonomi Expo 2024, akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center, Senayan. Sedangkan, tema yang diusung dalam acara ini, adalah meningkatkan daya saing daerah menuju Indonesia Emas 2045.

“Semua kabupaten/kota di Indonesia, akan menampilkan produk unggulan masing-masing. Makanya, kita harus mempersiapkan dengan maksimal,” ungkapnya, Rabu (22/5).

Melalui kegiatan ini, lanjut Idham, berbagai produk khas Sumenep dapat dikenalkan kepada masyarakat luas se Indonesia. Hal itu, memang menjadi tujuan utama bagi Kota Keris dalam mengikuti acara spektakuler tersebut.

“Ini bisa menjadi pendorong untuk meningkatkan pemasaran produk,” ujarnya.

Pada pameran ini, tidak sekadar menampilkan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM). Tetapi, produk unggulan lainnya. Seperti hasil pertanian, juga dapat ditampilkan.

“Semua produk unggulan yang diajukan ke kami, nanti akan dipilah. Supaya, yang dibawa ke Jakarta memang benar-layak untuk ditampilkan pada pameran tingkat nasional,” tandasnya.

Baca juga:  Mahasiswa KKN: Olah Sampah Organik hingga Buat Alat Deteksi Kesuburan Tanah

Perlu diketahui, belum lama ini Sumenep baru saja selesai mengikuti pameran tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). Kegiatan yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim tersebut, berlangsung mulai Rabu-Minggu (8-12/5). Bahkan, Kota Keris berhasil memboyong juara stand terbaik kategori tematik. (bus/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *