Omicron Bisa Tembus, Jangan Pakai Masker Jenis Ini!

Masker kain bukan katun
Ilustrasi masker kain bukan katun. (Muhlis/MI)

maduraindepth.com – Kasus konfirmasi virus corona varian Omicron di Indonesia terus bertambah. Masyarakat pun diminta tetap patuhi protokol kesehatan, termasuk menggunakan masker.

Meski demikian, masyarakat diminta untuk tidak sembarangan memilih masker. Sebab beberapa jenis masker tidak dianjurkan sebagai upaya pencegahan dari paparan virus, terutama varian Omicron.


Ketua Umum Perhimpunan Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR, menjelaskan masker seperti apa yang efektif menangkal virus. Menurutnya, masker yang paling bagus digunakan sehari-hari adalah masker N95 seperti yang digunakan para petugas medis dan masker dua lapis (masker bedah ditambah masker kain) untuk penggunaan sehari-hari.

Jenis Masker yang Harus Dihindari karena Tidak Bisa Menyaring Virus:

1. Masker Katup

Masker katup
Ilustrasi masker katup. (FOTO: Muhlis/MI)

Mengutip dari detikhealth, masker ini berbahaya digunakan. Masker katup bisa membawa hembusan napas dari pemakai keluar. Sehingga kalau pemakai masker katup itu menderita Covid-19, maka udara yang keluar dari masker bisa keluar dan membahayakan orang di sekitarnya.

2. Masker Kain Bukan Katun

Masker kain bukan katun
Ilustrasi masker kain bukan katun. (Muhlis/MI)

Masker kain dengan jenis bahan selain katun tidak disarankan. Masker kain yang aman dipakai sehari-hari setidaknya memiliki tiga lapis berbahan katun, karena mempunyai pori-pori yang rapat. Masker kain yang menggunakan bahan lain umumnya tak memiliki pori-pori serapat katun. Ini akan berbahaya bagi pengguna.

Baca juga:  Tips Membuat Hand Sanitizer Ala Mahasiswa UTM

3. Masker Buff

Masker buff
Ilustrasi masker buff.

University of Duke melakukan analisis seberapa efektif 14 jenis masker melindungi diri dari paparan Covid-19. Studi menunjukkan masker buff yang kerap dipakai pengendara motor adalah jenis masker yang paling tak efektif, lantaran tak bisa menahan droplet atau percikan ketika berbicara.

Masker buff bisa lebih berisiko tinggi menularkan Covid-19 karena lebih banyak droplet yang tak tersaring. Bahkan, bahan masker buff disebut dapat memecah droplet menjadi partikel lebih kecil.

(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here