Menengok Gerakan Pemuda Perumnas Antisipasi Pandemi di Tlanakan

Penyemprotan cairan desinfektan. (FOTO: Istimewa)

maduraindepth.com – Suasana libur panjang selama perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 biasanya menjadi momentum tersendiri bagi masyarakat untuk pulang kampung. Bahkan, juga terkadang ada yang memanfaatkan waktu untuk sambangi sanak keluarga di kota lain.

Dalam masa pandemi ini terkadang juga tradisi dan kebiasaan ini tetap juga dilakukan oleh beberapa lapisan masyarakat yang tidak ingin ketinggalan momen bersama kerabat yang jarang bertemu. Untuk itu dibutuhkan berbagai cara untuk tetap menjaga kesehatan dan protokol di lingkungan tersebut oleh warga yang peduli.


Salah satunya, seperti yang dilaksanakan oleh Satgas dari Pemuda Perumnas Tlanakan Indah, Kecamatan Tlanakan Pamekasan Jawa Timur ini. Sesuai dengan arahan RW. 02 Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan, yang menghimbau kepada segenap warga untuk waspada pandemi.

Secara teknis pengamanan Kamtibmas dan pelaksanaan prokes covid di lingkungan ini, langsung dimonitoring melalui 4 Ketua RT setempat. Baik, dari pelaksanaan siskamling maupun dalam sterilisasi warga pendatang dan pendataan Kesehatan serta kondisi warga selama Pandemi.

Bahkan, khusus bagi para pendatang diwajibkan untuk melaporkannya kepada Ketua RT setempat. Itu bisa dilakukan oleh keluarga ataupun orang lain yang berkunjung, terlebih di Perumnas tersebut, terdapat banyak rumah kos dan kontrakan bagi mahasiswa.

“Semua upaya kami siapkan dan lakukan, sehingga ini harus di wanti wanti oleh semua warga demi kenyamanan masyarakat juga,” ungkap Abul Hayat, Ketua Pemuda Perumnas Tlanakan Indah, Jumat Pagi.

Baca juga:  KPU Sampang Rangsang Pemuda Melalui Hiburan Band

Khusus Kamis Petang kemarin, pihaknya bersama Satgas Lingkungan dan Relawan FRPB Pamekasan, melakukan desinfeksi di seluruh kompleks perumnas secara menyeluruh. Itu dikarenakan adanya informasi, bahwa ada salah satu warga yang terpapar covid 19 saat itu .

“Gerak cepat ini dilakukan atas inisiatif Pemuda Perumnas, yaitu dengan melakukan penyemprotan, bersama FRPB untuk kesekian kalinya,” tegasnya.

Sementara itu, Wahyudi Humas dan Kemitraan FRPB Pamekasan, membenarkan kegiatan dan permintaan desinfeksi tersebut. Bahkan pihaknya juga telah menyiapkan 100 liter desinfektan untuk mengembuni 150 KK dan rumah yang terbagi di 4 RT tersebut.

Disinggung terkait kesiapan Satgas Lingkungan setempat, Pihaknya memberi apresiasi terhadap kesigapan warga dalam mengantisipasi bersama pandemi. Sebab, secara langsung yang paling mengetahui kondisi kesehatan dan lingkungan, yaitu warga itu sendiri selain pemerintah.

“Kami diminta secara khusus untuk membantu desinfeksi di lingkungan Perumahan Tlanakan Indah oleh Pemuda Perumnas. Ini kami lakukan untuk kesekian kalinya di beberapa Komplek Perumahan ynag ada di Pamekasan sesuai permintaan warga,” terangnya pada media. (*/MH)