Kronologi Laka Laut Kapal KM Tanto Bersinar dengan TB Mitra Jaya XIX di Perairan Gresik

Istimewa

maduraindepth.com – Kronologi tabrakan Kapal KM Tanto Bersinar dengan TB Mitra Jaya XIX yang menggandeng TK. Makmur Abadi 5 di area Bouy 3 di area Bouy 3 yang masuk area pengeboran milik WMO (APBS) perairan Gresik.

Pada hari ini Sabtu tgl 23 Januari 2021 sekitar pukul 03.15 WIB telah terjadi Laka laut TABRAKAN kapal antara kapal KM. Tanto Bersinar dengan Tb. Mitra Jaya XIX yang menggandeng BG. Makmur Abadi 5. Di area Bouy 3 (area pengeboran lepas pantai RIG WMO) alur pelayaran barat Surabaya (APBS).


Kejadian itu bermula pada tanggal 11 Januari 2021 sekira pukul 11.00 WIB Kapal TB. Mitra Jaya XIX menggandeng BG/ TK. Makmur Abadi 5 dengan nakhoda Syahrul (45) bersama 8 crew tugbod dan 2 crew tongkang berangkat dari pelabuhan sungai puting Kalimantan Selatan dengan muatan CPO.

Kapal tersebut berangkat dengan tujuan pelabuhan Gresik. Saat perjalanan berlayarnya pada hari Sabtu tgl 23 Januari 2021.
sekitar pukul 03.14. WIB melintasi perairan area Bouy 3 ( RIK pengeboran lepas pantai WMO.) tiba-tiba ditabrak dari arah depan oleh kapal KM. Tanto Bersinar yang berangkat dari Surabaya menuju tujuan pelayarannya.

Akibat tabrakan tersebut kapal/TB. Mitra Jaya XIX hilang kontak dan Tongkang Makmur Jaya 5 mengalami robek pada lambung kiri sehingga menimbulkan kebocoran. Selanjutnya tongkang yang mengalami kemiringan dan bocor. Lalu dievakuasi oleh kapal lain untuk dicarikan tempat yang aman.

Baca juga:  Kini Kecamatan Gayam Miliki Gedung Olahraga

“Penyebab tabrakan kapal masih dalam proses penyelidikan,” ujar Kasat Polairud kabupaten Bangkalan, AKP Ludwi Yarsa Pramono, Senin (25/1).

Sekedar informasi, adapun nama-nama crew TB. Mitra Jaya XIX sebagai berikut; Sharul (45) nakhoda, Fatkhur (48), Himawan CH (27), Arif Maulana ( 47), Larusman (26), La Ode Ahmad S (20), Ulil Amri ( 57), Budiantoro (50), Semua crew saat ini belum diketahui keberadaannya.

Serta 2 orang Crew TK. Makmur abadi 5 an. Agung Dwi Prayitno (20) dan Basuni (53) saat ini masih diatas tongkang yang bocor dalam keadaan selamat. Untuk sementara KM. Tanto Bersinar diamankan oleh Patroli AL KRI yang melintas di sekitar TKP.

Lanjut AKP Ludwi Yarsa Pramono, adapun langkah-langkah yang dilakukan oleh pihaknya sebagai berikut; Pada saat melakukan pencarian di area labuh jangkar pukul 15.20 Wib, KP. Ibis – 6001 berkomunikasi dengan KM. Curug Mas dan menemukan posisi TB Mitra Jaya XIX yang mendeteksi adanya tumpahan minyak sawit pada posisi 6°50’657″S-112°54’125″E, sehingga KP. Ibis – 6001 tolak menuju TKP.

Pada pukul 16.00 Wib, KP. Ibis – 6001 mendeteksi adanya tumpahan minyak cpo di TKP, dan pada pukul 16.30 wib Komandan KP. Ibis – 6001 mendeteksi adanya kapal TB. Bravo Mitra Jaya XIX dengan posisi sudah terbalik.