Kecewa Dengan Perbup Pilkades, Ribuan Warga Sumenep Unjuk Rasa di Kantor DPRD

0
97
Kecewa: Ribuan warga Desa Juruan Laok, Batuputih, Sumenep menggelar unjuk rasa di depan kantor DPRD setempat. (Foto: MR/MI)

maduraindepth.com – Ribuan warga Desa Juruan Laok, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, melakukan unjuk rasa ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Selasa (8/10). Mereka kecewa dengan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang dinilai tidak adil.

Massa yang terdiri bapak-bapak dan ibu-ibu itu menuding adanya dugaan permainan politik dalam penetapan bakal calon kepala desa (Bacakades). Dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumenep.

Sebelum mendatangi kantor DPRD, ribuan warga itu berorasi menyampaikan tuntutannya kepada Bupati Busyro Karim di kantor Pemkab Sumenep. Kemudian pindah ke kantor DPRD Sumenep.

Sesampainya di pintu masuk DPRD, massa berupaya merangsek masuk ke kantor dewan. Aksi saling dorong pun tak bisa dihindarkan.

Beruntung massa masih bisa dikendalikan oleh salah satu orator yang ada di mobil komando.

“Kami kecewa terhadap perbup pilkades karena tidak berpihak pada masyarakat. Aturan skoring di Perbup itu membuat calon kami di gugurkan tanpa alasan yang jelas, kami akan tuntut untuk mendapatkan keadilan,” kata Edi Junaidi, korlap aksi dalam orasinya. Selasa (8/10).

Hingga berita ini tayang, massa masih bertahan didepan kantor DPRD. Sementara perwakilan warga melakukan audiensi dengan para anggota dewan. (MR/MH)