Jasmas PPM 2021 Medco Energi, Enam Program Diusulkan Warga Pulau Mandangin

Jasmas PPM Medco Energi
Perwakilan SKK Migas, Medco Energi, Aparat Desa dan masyarakat Pulau Mandangin saat kegiatan Jasmas PPM Medco Energi Sampang Pty. Ltd tahun 2021, di Balai Desa Pulau Mandangin, Sampang, Kamis (29/4).

maduraindepth.com – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) – Medco Energi Sampang Pty. Ltd bersama Madura Development Watch (MDW) menggelar jaring aspirasi masyarakat (Jasmas) program pengembangan masyarakat (PPM) tahun 2021 di Desa Pulau Mandangin, Sampang, Kamis (29/4).

Ketua Program PPM Medco Energi 2021 Siti Farida menjelaskan, Jasmas merupakan ruang bagi masyarakat desa terdampak usaha hulu migas untuk memberikan usulan sebelum realisasi PPM dari perusahaan.


“Kami fasilitator antara perusahaan dengan masyarakat. Kami memfasilitasi apa saja kebutuhan masyarakat Pulau Mandangin,” ucapnya.

Diterangkan, ada sekitar enam program yang diusulkan masyarakat saat Jasmas PPM Medco Energi tahun 2021 di Pulau Mandangin. Beberapa di antaranya berkaitan dengan program fisik, pelatihan usaha, dan lingkungan.

“Usulan itu belum tentu semuanya bisa diakomodir. Tetap menyesuaikan dengan pagu anggaran untuk PPM Pulau Mandangin,” terang pengurus MDW itu.

Perempuan yang akrab disapa Ida itu menambahkan, ada tujuh desa terdampak dari usaha hulu migas Medco Energi di Sampang. Salah satunya Desa Pulau Mandangin. Sedangkan enam desa lainnya berada di Kecamatan Camplong.

“Harapannya PPM bisa benar-benar dirasakan dan berdampak positif sesuai kebutuhan masyarakat. Makanya Jasmas ini digelar agar masyarakat bisa memberikan usulan,”

Sementara itu, Kepala Desa Pulau Mandangin Saiful Anam dalam sambutannya mengatakan, untuk membangun desa butuh masukan dan gagasan program dari semua elemen masyarakat. Program yang terpilih nantinya akan dianggarkan dari dana PPM Medco Energi tahun 2021.

Baca juga:  Konsumsi Sabu, Siswa MTs Diciduk Polisi

Oleh karena itu, dia mengaku mendukung kegiatan Jasmas yang dilaksanakan oleh MDW selaku pendamping program Medco Energi.

“Melalui forum (Jasmas) ini, masyarakat dapat mengusulkan berbagai program. Baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan infrastruktur,” tuturnya. (BAD)