Inspiratif! Dinyatakan Lulus Sekolah, Puluhan Orang Tua dan Lansia di Sampang Ikut Wisuda

wisuda orang tua dan lansia di sampang
Peserta sekolah orang tua hebat dan sekolah lansia tangguh asal Sampang foto bersama Wakil Bupati saat diwisuda. (Foto: Prokopim Pemkab for MID)

maduraindepth.com – Tuntut ilmu hingga liang lahat. Peribahasa ini layak disematkan kepada puluhan orang tua dan lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Sampang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) setempat menggelar Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Pendopo Trunojoyo.

Sebanyak 60 orang tua dan lansia di Sampang yang mengikuti wisuda tersebut. Terdiri dari 30 peserta SOTH dan 30 lainnya merupakan lulusan program Selantang.

Kepala Dinkes KB Sampang dr. Abdullah Najich mengatakan, puluhan peserta wisuda itu sudah menamatkan program belajar di SOTH dan Selantang. Kegiatan proses belajar mengajar dilaksanakan di Desa Bancelok Kecamatan Jrengik dan Desa Gunung Maddah Kecamatan Sampang.

“Kegiatan program SOTH berjalan selama enam bulan di Desa Bancelok, untuk program Selantang berjalan tiga bulan di Desa Gunung Maddah,” ucapnya, Senin (8/5).

Menurutnya, banyak ilmu yang diterapkan dalam program Selantang, di antaranya soal kemandirian, merawat diri sendiri, dan menjaga kesehatan. Termasuk masalah gizi dan program lainnya.

“Ada modul belajarnya, jadi tujuannya selain untuk kemandirian juga bisa merawat cucunya di rumah,” ucapnya.

Sebab itu, pihaknya berharap pendidikan kepada lansia itu mampu memberikan kehidupan yang lebih baik dalam menjalani masa tua. Artinya tidak menjadi beban, tetapi terlibat aktif dalam pembangunan.

Baca juga:  Idul Adha 2023, Pemkab Sampang Naikkan Anggaran Pembelian Hewan Kurban

‘’Warga lansia ini dulunya juga berjasa di masa produktifnya, mungkin ada yang jadi guru, dokter, dan lainnya. Sebagai bentuk apresiasi, maka mereka juga diperhatikan,” terangnya.

Wakil Bupati Sampang Abdullah Hidayat mengaku, wisuda SOTH dan Selantang ini merupakan angkatan pertama. Diterangkan, siswa SOTH angkatan pertama ini berasal dari sekolah di Desa Bancelok. Sementara, siswa Selantang dari sekolah di Desa Gunung Maddah.

“Mudah-mudahan bermanfaat yang diperoleh peserta, dan dapat ditularkan di lingkungan hidupnya. Menjadi pioner, contoh, dan teladan bagi orang tua lainnya yang belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti SOTH dan Selantang ini,” harapnya. (Alim/*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *