Forkopimda Jatim Kunjungi Bangkalan Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Covid-19 Bangkalan
Forkopimda Jatim bersama Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron saat meninjau sejumlah lokasi penyekatan pencegahan penyebaran Covid-19 di Bangkalan, Senin (7/6). (Foto: Istimewa)

maduraindepth.com – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur (Jatim) berkunjung ke Kabupaten Bangkalan, Senin (7/6/2021). Tujuannya tak lain untuk memantau langsung kondisi terkini pasca lonjakan kasus Covid-19 di Kota Dzikir dan Shalawat tersebut.

Pejabat Forkopimda Jatim yang datang ke Bangkalan di antaranya Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto. Serta beberapa pejabat penting lainnya.


Tujuan lain dari kunjungan tersebut yakni melakukan manajemen krisis untuk mengantisipasi meningkatnya penyebaran Covid-19 di Bangkalan. Salah satunya melakukan pengecekan ruang isolasi di Kantor BPWS Bangkalan.

“Sementara itu di Kantor BPWS Bangkalan dapat menampung sebanyak 60 pasien Covid-19,” jelas Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta kepada awak media.

Baca juga:

Kasus Covid-19 Meningkat, IGD RSUD Bangkalan Tutup Sementara

Usai melakukan pengecekan ruang isolasi di Kantor BPWS, rombongan lanjut meninjau RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan. Peninjauan rumah sakit itu dilaksanakan pasca ditemukannya 18 Tenaga Kesehatan (Nakes) dan pegawai RS terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain itu, di kantor Balai Diklat BPKSDA nantinya juga disiapkan untuk ruang isolasi bagi masyarakat yang positif Covid-19.

“Ruang isolasi Balai Diklat BPKSDA Bangkalan, merupakan salah satu ruang isolasi yang disiapkan oleh Forkopimda Bangkalan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19,” ungkapnya.

Baca juga:  Ini Daftar Kasus Selama Bulan November - Desember 2020 di Bangkalan

“Balai diklat BPKSDA dapat menampung sebanyak 74 pasien Covid-19, dimana saat ini terdapat 22 pasien positif Covid-19 dengan rincian 9 orang positif dari PCR test dan 13 orang positif dari Swab Test,” sambungnya.

Baca juga:

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Varian Baru, Pemkab Pamekasan Lakukan Penyekatan

Forkopimda Jatim tidak hanya melakukan pengecekan di tiga lokasi. Melainkan juga melakukan pengecekan penyekatan arus dari Madura menuju ke Surabaya di pintu keluar Jembatan Suramadu.

Penyekatan dari Madura menuju ke Surabaya ini perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Jawa Timur, setelah terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bangkalan.

Dalam kegiatan penyekatan tersebut, juga dilakukan swab test sebanyak 2.400 terhadap pengguna jalan dari arah Madura menuju Surabaya.

“Dari swab test antigen diperoleh hasil 86 reaktif Covid-19 dan dirujuk untuk di lakukan Swab PCR di Rumah Sakit Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya,” ujarnya. (*)