Festival Kuliner Bantu Dongkrak Ekonomi Sumenep, Ini Alasannya

Istimewa

maduraindepth.com – Sumenep Heritage Culinary Festival (Sheculfest), atau Festival Kuliner 2019 yang dibuka untuk umum dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat semakin meriah. Selain menjadi rentetan event visit 2019, acara tersebut ternyata menjadi nilai tawar bagi para wisatawan maupun mendongkrak ekonomi masyarakat Sumenep.

“Tentunya kegiatan ini selain memperkenalkan kepada masyarakat luar, juga membantu dalam sektor perekonomian. Kita minta bantuan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Koperasi (Diskop) di bidang Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM)-nya,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahourtbun), Arif Firmanto, Rabu (9/10).

Dikatakan oleh Arif, kegiatan lomba memasak tersebut tentu tidak ditanggungnya sendiri. Selain berkolaborasi dengan Disparbudpora, setiap OPD juga ikut mengisi beberapa kegiatan.

Diketahui, dalam acara itu, Disparbudpora tidak hanya akan mengundang Disparbudpora se-Madura, melainkan se-Jawa Timur.

“Rencananya, Disparbudpora akan mengundang Disparbudpora se-Jawa Timur bukan hanya se-Madura untuk hadir kesini,” bebernya.

Sebagai pemilik gawai, Dispertahourtbun, tentu telah menunjuk event organizer (EO) atau penyelenggara acara dalam kegiatannya. Bahkan, Arif, menjelaskan jika pihaknya telah melayang surat ke Kementrian Pariwisata (Kemenpar).

“Makanya kami sudah menunjuk EO untuk acara ini, dan EO sudah menggandeng Generasi Pesona Indonesia (Genpi),” paparnya.

Di tahun sebelumnya, Festival Kuliner yang diadakan di Sumenep memiliki ikon khas masakan yakni Soto Sabrang, sedangkan tahun ini berubah menjadi masakan Kaldu Kokot.

Selain itu, bulan Oktober menjadi bulannya kota berjuluk Sumekar ini. Sebab, selain rentetan acara memenuhi di beberapa tanggalnya, banyak hari nasional yang ada di bulan Oktober. Salah satunya Hari Santri Nasional.

Dispertahourtbun sendiri, tak kalah saing. Beberapa persiapan, seperti aneka ragam masakan dan display stand telah dicanangkan.

“Untuk acara ini kita terbuka untuk siapapun, tentunya dengan beberapa kriteria dan tak lupa melihat stand yang disediakan. Lebih khusus kepada para masyarakat yang akan mengikuti,” tandasnya. (MR/MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info