DPMD Sampang Apresiasi Kades Tobai Barat

Balai Desa Tobai Barat
Wartawan maduraindepth.com saat mewawancarai Plt. Kepala DPMD Sampang, Suhanto usai menghadiri peresmian Balai Desa di Tobai Barat, Kecamatan Sokobanah. (Foto: AW/MI)

maduraindepth.com – Setelah mendapat apresiasi dari Bupati Sampang H. Slamet Junaidi atas diresmikannya Balai Desa Tobai Barat, pada Sabtu (17/10). Kepala Desa (Kades) Tobai Barat, Edi Sukamto kembali mendapat apresiasi dari Plt. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sampang, Suhanto.

Pasalnya, Balai Desa yang dibangun sebagai pusat pelayanan desa kepada masyarakat tersebut dibangun dari dana secara gotong royong.

banner 728x728

Kepada maduraindepth.com, Suhanto mengatakan, meski pembangunan Balai Desa Tobai Barat dianggarkan melalui dana desa (DD), dari anggaran pembangunan balai yang menghabiskan dana senilai Rp. 290 juta, 75 persen diantaranya dilakukan secara swakelola.

“Kepala Desa hanya menganggarkan senilai Rp 69 juta saja, sementara sisanya melalui swakelola melalui gotong royong warga dan tokoh setempat,” ungkapnya.

Tonton Video
[td_block_video_youtube playlist_title=”” playlist_yt=”jaPiW-COEY0″ playlist_auto_play=”0″]

Dengan adanya hal tersebut, Suhanto berharap Desa Tobai Barat dapat menjadi percontohan bagi desa yang lain, khususnya bagi desa yang sampai saat ini masih belum memiliki Balai Desa.

“Sementara yang sudah memiliki balai desa kami sarankan untuk melakukan pemeliharaan melalui dana desa,” terangnya.

Dikatakannya, dari 180 desa di Kabupaten Sampang, hanya terdapat sebanyak 54 Balai Desa yang difungsikan oleh Kades. Sementara lainnya perlu dilakukan adanya perawatan.

Tonton Video
[td_block_video_youtube playlist_title=”” playlist_yt=”ayj5jG7_-XI” playlist_auto_play=”0″]

“Untuk anggaran pembangunan balai sementara saat ini masih belum ada, untuk itu kami mengapresiasi Kepala Desa Tobai Barat yang telah berkontribusi untuk membangun Balai Desa demi terciptanya pelayanan yang maksimal,” ucapnya.

Suhanto menghimbau kepada seluruh Kades yang belum memiliki Balai Desa agar mengikuti langkah Kades Tobai Barat agar dapat memiliki Balai Desa.

“Nanti kami sarankan kepada Kepala Desa lainnya, rencana kami akan melakukan koordinasi dengan ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Sampang,” tutupnya. (RIF/MH)

banner 728x728

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info